Luis Enrique Tulis Pesan Mengharukan Setelah Dipecat Spanyol akibat Tersingkir dari Piala Dunia 2022: Maafkan Saya...

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 09 Des 2022, 09:39 WIB
Pelatih Spanyol, Luis Enrique tampak puas timnya mampu menutup babak pertama dengan skor 2-0. (Foto: AP/Pool/Jose Manuel Vidal)

Bola.com, Doha - Timnas Spanyol memecat Luis Enrique sebagai pelatih. Tim berjulukan La Furia Roja itu baru saja tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Spanyol hanya mampu melaju hingga babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah disingkirkan oleh Maroko 0-3 melalui adu penalti setelah bermain 0-0 dalam waktu normal pada 6 Desember 2022.

Advertisement

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) tanpa ampun mendepak Luis Enrique dan mengumumkan perpisahan dengan pria berusia 52 tahun itu pada Kamis (8/12/2022).

RFEF lalu menunjuk dan mempromosikan Luis de la Fuente sebagai pengganti Luis Enrique di Spanyol pasca-Piala Dunia 2022, yang sebelumnya menangani La Furia Roja U-21.

2 dari 6 halaman

Ungkapan Luis Enrique

Luis Enrique - Mantan juru taktik Barcelona ini hanya tertawa menanggapi rumor yang menyatakan ia akan menahkodai Manchester United. Enrique yang saat ini melatih Timnas Spanyol tidak akan melepaskan jabatanya setidaknya sampai selesai Piala Dunia 2022 nanti. (AFP/Jorge Guererro)

Seusai dilepas Spanyol, Luis Enrique menulis pesan mengharukan. Bekas arsitek Barcelona itu mengungkapkan terima kasihnya kepada RFEF dan juga meminta maaf.

"Atas nama saya dan dari kami semua yang menjadi staf pelatih Spanyol, semuanya dimulai pada empat tahun lalu dan betapa cepatnya waktu berlalu," ujar Luis Enrique lewat akun Twitternya, @LUISENRIQUE21, Kamis (8/12/2022) malam WIB.

"Saya hanya bisa sangat berterima kasih kepada mereka yang mengontrak saya dua kali. Kepada semua karyawan RFEF yang berbagi pengalaman dengan saya," jelas Luis Enrique.

3 dari 6 halaman

Minta Maaf dan Ucapkan Selamat Tinggal

Timnas Spanyol mulai dipimpin Luis Enrique sejak tragedi di Piala Dunia 2018 Rusia. Saat itu, Julen Lopetegui dipecat 2 hari sebelum pertandingan pertamanya. Enrique sendiri sudah dikenal baik oleh publik Spanyol. Ia berhasil mempersembahkan 3 musim bersama Barcelona dengan gelar-gelar bergengsi, termasuk Liga Champions. La Furia Roja antinya akan tergabung ke dalam grup E bersama Jerman, Jepang, dan Kostarika. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

"Tentunya kepada para pemain yang telah menjadi teladan dalam perilaku dan setia dengan ide selama ini. Mohon maaf saya tidak bisa membantu lebih banyak,"

"Sangat istimewa menjadi bagian dari ini. Terakhir dan tidak kalah pentingnya, kepada para penggemar yang menyampaikan dukungan mereka kepada kami setiap saat."

"Saatnya mengucapkan selamat tinggal. Yang dibutuhkan tim adalah dukungan sehingga Luis de la Fuente dapat mencapai semua yang diinginkan. Ayo Spanyol! Terima kasih," imbuh Luis Enrique.

4 dari 6 halaman

Gagal Persembahkan Gelar

Luis Enrique menangani Spanyol dua kali pada Juli 2018-Maret 2019 dan November 2019-Desember 2022. Namun, arsitek kelahiran 8 Mei 1970 itu gagal mempersembahkan trofi.

Luis Enrique hanya mampu membawa Spanyol menjadi runner-up UEFA Nations League 2020/2021 setelah kalah 1-2 dari Prancis di babak final.

Seusai terelimnasi dari Piala Dunia 2022, Spanyol akan kembali bertanding pada Maret 2023 untuk berkiprah di Kualifikasi Euro 2024.

5 dari 6 halaman

Unggahan Luis Enrique

6 dari 6 halaman

Berita Terkait