Dominik Livakovic Sadis! 11 Tendangan Brasil di Kotak Penalti Mental Semua, Rekor di Piala Dunia

oleh Hery Kurniawan diperbarui 10 Des 2022, 05:57 WIB
Kiper Timnas Kroasia, Dominik Livakovic berhasil menggagalkan eksekusi penalti pemain Timnas Brasil, Rodrygo dalam babak adu penalti perempatfinal Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB. (AFP/Jewel Samad)

Bola.com, Al Rayyan - Kiper Timnas Kroasia, Dominik Livakovic mendapatkan gelar Man of The Match dalam laga antara Timnas Brasil kontra Timnas Kroasia pada babak perempat final Piala Dunia 2022, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Gelar individual itu rasa-rasanya layak diberikan kepada Livakovic. Kiper berusia 27 tahun itu tampil brilian di sepanjang laga.

Advertisement

Bagaimana tidak, Livakovic mampu mencatatkan 11 kali penyelamatan di sepanjang laga. Catatan 11 kali saves itu menjadi yang terbanyak sejauh ini di Piala Dunia 2022.

Hebatnya, tujuh dari 11 penyelamatan itu dilakukan Livakovic dari upaya tembakan pemain-pemain Brasil dari dalam kotak penalti.

2 dari 5 halaman

Bangun Serangan

Kiper Timnas Kroasia, Dominik Livakovic bersama rekan-rekannya merayakan kemenangan atas Brasil lewat adu penalti dalam babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB. (AP/Manu Fernandez)

Peran Dominik Livakovic tak hanya sebatas itu. Menurut catatan dari Squawka, kiper milik Dinamo Zagreb itu juga terlibat dalam proses Kroasia membangun serangan.

Livakovic memiliki akurasi umpan mencapai 81,25 persen pada pertandingan itu. Kroasia pun tampak tidak inferior dari Brasil.

Hal itu terbukti dari statistik yang tercatat selepas laga. Dimana Kroasia mencatatkan 50 persen penguasaan bola.

3 dari 5 halaman

Satu Penyelamatan Krusial

Kiper Kroasia, Dominik Livakovic melakukan penyelamatan saat penalti melawan Jepang pada laga 16 besar Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al-Janoub Stadium, Senin (05/12/2022). (AFP/Andrej Isakovic)

Dari 11 penyelamatan yang dilakukan Dominik Livakovic, penyelamatan di babak adu tendangan penalti bisa jadi penyelamatannya yang paling krusial pada laga tersebut.

Livakovic mampu membaca dengan baik arah bola penendang pertama Brasil, Rodrygo Goes. Livakovic terbang ke sisi kiri gawangnya.

Ia pun mampu menepis dengan sempurna tembakan Rodrygo. Kegagalan Rodrygo untuk mencetak gol bisa jadi memengaruhi mental penendang Brasil selanjutnya.

4 dari 5 halaman

Lanjutkan Tradisi Kiper Kroasia

Kiper Kroasia, Danijel Subasic mengamankan bola dari kejaran pemain Denmark, Yussuf Yurary Poulsen pada laga 16 besar Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Rusia, (1/7/2018). Kroasia menang 3-2 lewat adu penalti. (AP/Darko Bandic)

Ia menyamai catatan pendahulunya, Danijel Subasic di Piala Dunia 2018, yang menepis empat tendangan penalti dalam satu edisi Piala Dunia.

Ia bisa memecahkan rekor itu di semifinal?

 

Sumber: Squawka, Opta

5 dari 5 halaman

Berita Terkait