Laporan dari Qatar: Hadapi Argentina di Semifinal Piala Dunia 2022, Timnas Kroasia Tidak Akan Man Marking Lionel Messi

oleh Hendry Wibowo diperbarui 12 Des 2022, 11:00 WIB
Striker Kroasia, Bruno Petkovic pada sesi konferensi pers jelang pertandingan kontra Argentina di semifinal Piala Dunia 2022. (JACK GUEZ / AFP)

Laporan Langsung Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Qatar.

Bertempat di Al Erssal Training Site 3, Timnas Kroasia melakukan sesi konferensi pers dilanjutkan latihan terbuka pada hari Minggu (11/12/2022).

Advertisement

Pada sesi konferensi pers, anak asuh Zlatko Dalic menampilkan striker mereka yang sedang naik daun, Bruno Petkovic.

Bruno Petkovic mencetak gol penyama kedudukan saat Timnas Kroasia menahan imbang Brasil 1-1 pada perpanjangan waktu di perempat final.

Selanjutnya, Kroasia akan melawan Timnas Argentina di semifinal Piala Dunia 2022 yang berlangsung 13 Desember nanti.

 

 

2 dari 4 halaman

Tidak Akan Man Marking Lionel Messi

Lionel Messi merayakan kemenangan Argentina atas Belanda pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu, 10 Desember 2022. Argentina menang 4-3 (2-2) lewat adu penalti. (AP Photo / Hassan Ammar)

Menariknya, meski bersua Timnas Argentina, Bruno Petkovic menegaskan Kroasia tidak akan fokus dengan Lionel Messi seorang.

Dia bahkan meyakini, Zlatko Dalic tidak akan memerintahkan pemain untuk melakukan man marking terhadap Lionel Messi yang sedang on fire.

"Kami belum memiliki rencana khusus untuk menghentikan Messi dan biasanya kami tidak berkonsentrasi menghentikan satu pemain tetapi seluruh tim," ujar Petkovic.

 

3 dari 4 halaman

Argentina Punya Banyak Pemain Hebat

Pemain Timnas Kroasia, Bruno Petkovic (kedua kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol penyeimbang 1-1 ke gawang Timnas Brasil dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB. (AFP/Jack Guez)

Petkovic turut mengatakan sebuah kesalahan jika Kroasia menerapkan strategi man marking untuk Lionel Messi seorang.

Karena menurutnya Argentina punya banyak pemain hebat. "Kami akan mencoba menghentikan Messi sebagai tim dan bukan dengan man marking," Petkovic menuturkan.

"Argentina bukan hanya Messi, mereka memiliki sejumlah pemain hebat. Kami harus menghentikan seluruh tim Argentina," lanjutnya.

Kroasia lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 dengan catatan luar biasa. Pasalnya mereka dua kali menang pada babak adu penalti melawan Jepang dan Brasil.

 

4 dari 4 halaman