5 Pemain Memukau di Balik Kegemilangan Maroko Melangkah ke Semifinal Piala Dunia 2022

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 13 Des 2022, 06:30 WIB
Piala Dunia - Ilustrasi Timnas Maroko (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Maroko menggebrak Piala Dunia 2022. Tak terkalahkan sejak fase grup, wakil Afrika itu sukses melaju hingga semifinal. Sejarah sudah dan besar kemungkinan dipecahkan Yassine Bounou dkk.

Maroko memastikan tiket semifinal Piala Dunia 2022 berkat kemenangan atas Portugal dengan skor 1-0. Pada pertandingan nanti, mereka akan berhadapan dengan juara bertahan Prancis.

Advertisement

Maroko adalah tim Afrika pertama yang mampu lolos ke semifinal Piala Dunia. Sebelumnya, prestasi terbaik Maroko adalah 16 besar, dan tidak ada wakil Afrika yang bisa melangkah lebih jauh dari perempat final.

Keberhasilan Maroko di Piala Dunia 2022 tak lepas dari performa lima pemain kuncinya. Siapa saja?

2 dari 7 halaman

Sofyan Amrabat

Pemain Timnas Portugal, Goncalo Ramos (kanan) menguasai bola dibayangi pemain Timnas Maroko, Sofyan Amrabat dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. (AP/Petr David Josek)

Jika Inggris punya Declan Rice, maka Maroko memiliki Sofyan Amrabat. Dia adalah jenderal lini tengah yang bukan cuma piawai menggalang pertahanan, tapi juga diandalkan ketika memulai serangan.

Mobilitasnya terlihat ketika menghadapi Spanyol. Ia jadi pemain paling sibuk karena menjalankan dua tugas berbeda dalam satu pertandingan.

Bahkan ketika menghadapi Portugal, statistik mencatat Amrabat melakukan 100 persen tekel sukses.

3 dari 7 halaman

Yassine Bounou

Beberapa peluang mampu diciptakan Cristiano Ronaldo, namun semuanya gagal berbuah gol berkat penampilan gemilang Yassine Bounou di bawah mistar gawang Maroko. (AP/Luca Bruno)

Siapa lawan yang bisa membobol gawang Yassine Bounou di Piala Dunia 2022? Jawabannya tidak ada. Kiper Maroko itu hanya kebobolan sekali dari empat penampilan.

Siapa pemain yang berhasil menjebol gawang Yassine Bounou? Dia adalah Nayef Aguerd, bek Maroko yang mencetak gol bunuh diri ketika melawan Kanada dalam Grup F Piala Dunia 2022.

Maroko bermain kolektif di Piala Dunia 2022. Hampir semua pemain mempunyai peran sama besarnya atas kesuksesan tim berjulukan The Atlas Lions ini lolos ke babak semifinal.

Namun, Yassine Bounou memiliki nilai lebih. Jika bukan karena penampilan heroik berusia 31 tahun itu, Maroko mungkin akan kebobolan lebih banyak dan tidak berada di empat besar Piala Dunia 2022.

4 dari 7 halaman

Hakim Ziyech

Pemain Maroko, Hakim Ziyech merayakan gol pertama timnya ke gawang Kanda saat matchday ketiga Grup F Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha Kamis (01/12/2022). (AP/Pavel Golovkin)

Performa B aja di Chelsea tak terlihat sama sekali di Piala Dunia 2022 bersama Chelsea. Hakim Ziyech, seakan terlahir kembali, jadi sosok vital di balik performa impresif Maroko.

Memang ia baru membukukan satu gol dan satu assist, tapi perannya di lini serang sangat krusial. Ditempatkan sebagai penyerang sayap kanan, Ziyech mampu menyihir lini pertahanan lawan.

Di antara seluruh pemain Maroko, Hakim Ziyech mengoleksi umpan crossing terbanyak, yakni 20. Statistik ini memperlihatkan betapa berbahanya dia di sisi lapangan.

5 dari 7 halaman

Youssef En-Nesyri

Pemain Timnas Maroko, Youssef En-Nesyri melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Portugal dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. (AP/Martin Meissner)

Youssef En-Nesyri jadi nama berikutnya yang layak masuk daftar ini. Jadi pemain paling diandalkan dalam urusan merusak pertahanan lawan, pemain yang diincar West Ham ini piawai dalam bola atas dan menjadi pemantul bagi dua winger di sebelahnya.

Gol indahnya ke gawang Portugal jadi bukti betapa Maroko mengandalkan Youssef En-Nesyri di lini depan. Menghadapi Prancis nanti, ia wajib diwaspadai.

6 dari 7 halaman

Achraf Hakimi

Maroko sukses mengambil alih keunggulan di babak kedua, tepatnya pada menit ke-70. Achraf Hakimi yang ditunjuk sebagai eksekutor tendangan bebas sukses menyarangkan bola ke gawang Malawi yang dijaga Charles Thom. Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan hingga laga usai. (AFP/Kenzo Tribouillard)

Maroko beruntung memiliki bek modern seperti Achraf Hakimi. Selain cekatan dalam bertahan, bek PSG ini juga sering maju membantu penyerangan.

Pengalaman dan visi bermainnya sudah teruji. Ia sudah mencatatkan satu assist dan lima laga yang dilakoninya dijalankan dengan konsisten.

Statistik mencatatkan umpan terbanyak di antara pemain Maroko lainnya. Tiga cleansheet juga jadi bukti betapa Hakimi adalah sosok vital di lini pertahanan.

Sumber: Whoscored

7 dari 7 halaman

Berita Terkait