Dipecat Setelah Spanyol Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Luis Enrique Buka Peluang Melatih Klub

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 13 Des 2022, 08:24 WIB
Luis Enrique pun beralasan, ia amat terkesan dengan penampilan ciamik David Raya yang mampu mengangkat performa Brentford sebagai tim promosi musim ini di Liga Inggris dan ingin mencobanya di Timnas Spanyol. Meskipun eksperimennya harus memakan korban David De Gea. (AFP/Aris Messinis)

Bola.com, Madrid - Luis Enrique mengaku siap menukangi klub setelah dipecat oleh Timnas Spanyol. Enrique siap membuka segala kemungkinan terkait masa depannya itu.

Luis Enrique kehilangan jabatan setelah Timnas Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2022. Skuad berjulukan La Furia Roja itu didepak Maroko pada 16 besar.

Advertisement

"Ini sangat intens. Waktu saya bersama tim nasional telah berakhir dan kemungkinan yang terbatas telah terbuka," kata Luis Enrique seperti dikutip ESPN.

Luis Enrique mengaku bersemangat untuk kembali melatih klub. Pelatih berusia 52 tahun itu menyebut, melatih klub lebih seru ketimbang tim nasional.

"Saya berada dalam momen karier di mana merasa bersemangat dan siap untuk mengambil alih klub.Anda dapat bekerja lebih detail dan dengan lebih presisi daripada yang Anda bisa dengan tim nasional," tegas Luis Enrique.

2 dari 5 halaman

Tunggu Kesempatan

Timnas Spanyol mulai dipimpin Luis Enrique sejak tragedi di Piala Dunia 2018 Rusia. Saat itu, Julen Lopetegui dipecat 2 hari sebelum pertandingan pertamanya. Enrique sendiri sudah dikenal baik oleh publik Spanyol. Ia berhasil mempersembahkan 3 musim bersama Barcelona dengan gelar-gelar bergengsi, termasuk Liga Champions. La Furia Roja antinya akan tergabung ke dalam grup E bersama Jerman, Jepang, dan Kostarika. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Meski ingin kembali menukangi klub, namun Luis Enrique tak menutup kemungkinan melatih tim nasional lagi. Enrique mengaku akan menunggu segala kesempatan sampai musim depan.

"Periode karier saya ini sudah berakhir. Kecuali ada sesuatu yang sangat besar atau menarik muncul," ujar Luis Enrique.

"Saya akan menunggu sampai musim depan," tegas Enrique.

3 dari 5 halaman

Rapor Luis Enrique

Pelatih Spanyol, Luis Enrique tampak puas timnya mampu menutup babak pertama dengan skor 2-0. (Foto: AP/Pool/Jose Manuel Vidal)

Luis Enrique tercatat telah menukangi Timnas Spanyol dalam dua periode. Pada periode pertama(2018-2019), Spanyol bersama Luis Enrique meraih empat kemenangan dan dua kali imbang.

Sementara itu, Luis Enrique kembali menukangi Timnas Spanyol pada 2020-2022. Skuad La Furia Roja tercatat meraih 21 kemenangan, 11 kali imbang, dan tujuh kali kalah.

Sumber: ESPN, Transfermarkt

4 dari 5 halaman

Perjalanan Spanyol di Piala Dunia 2022

Pemain Timnas Spanyol melakukan sesi foto sebelum pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 melawan Timnas Jerman yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Qatar, Senin (28/11/2022). (AP Photo/Julio Cortez)
  • 23/11/2022 - Spanyol 7-0 Kosta Rika
  • 28/11/2022 - Spanyol 1-1 Jerman
  • 2/12/2022 - Jepang 2-1 Spanyol
  • 6/12/2022 - Maroko 0(3)-0(0) Spanyol
5 dari 5 halaman

Berita Terkait