5 Bintang Timnas Prancis dengan Banderol Murah Meriah di Piala Dunia 2022, Mayoritas Sudah pada Gaek

oleh Rizki Hidayat diperbarui 15 Des 2022, 20:43 WIB
Timnas Prancis - Steve Mandanda, Olivier Giroud, Hugo Lloris (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Timnas Prancis berhasil melenggang ke semifinal Piala Dunia 2022. Les Blues hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk mempertahankan trofi Piala Dunia.

Untuk mencapai fase empat besar Piala Dunia 2022, Prancis sukses mengalahkan tim kuat Inggris. Tim Ayam Jantan menang dengan skor 2-1 atas pasukan Gareth Southgate tersebut. .

Advertisement

Pada semifinal, Les Bleus akan berhadapan dengan Maroko di Al Bayt Stadium, Al Khor, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB. Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, punya banyak pemain berkualitas untuk menghadapi wakil dari Afrika tersebut.

Di skuad Prancis saat ini ada banyak pemain bernilai pasar selangit. Namun, ada juga pemain yang memiliki nilai pasar cukup murah.

Berikut ini lima pemain Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 dengan nilai pasar terendah saat ini menurut Transfermarkt.

 

2 dari 7 halaman

Jordan Veretout

Pemain Prancis, Jordan Veretout (kiri) berebut bola dengan pemain Tunisia, Anis Ben Slimane saat matchday ketiga Grup D Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Education City Stadium, Rabu (30/11/2022). (AP/Martin Meissner)

Jordan Veretout sebenarnya masih belum lama bermain untuk Timnas Prancis. Meski sudah berusia 29 tahun, Veretout baru melakoni debut pada 1 September 2021 lalu.

Sampai sejauh ini, Veretout sudah memainkan enam pertandingan bersama Prancis. Itu termasuk membuat satu penampilan melawan Tunisia di Piala Dunia 2022.

Saat ini Veretout bermain untuk klub Ligue 1 Prancis, Olympique Marseille. Veretout sendiri memiliki nilai pasar sebesar 14 juta euro.

 

3 dari 7 halaman

Alphonse Areola

Alphonse Areola. Kiper Prancis berusia 29 tahun ini baru saja dipermanenkan West Ham United pada bursa transfer musim panas 2022/2023 dari Paris Saint-Germain setelah 1 musim berstatus pinjaman. Ia diikat kontrak The Hammers hingga Juni 2027 dengan nilai transfer 9,3 juta euro atau setara Rp142 miliar. Semusim membela West Ham United ia total tampil dalam 17 laga di semua ajang dengan torehan 8 kali clean sheet dan kebobolan 15 gol. (whufc.com)

Alphonse Areola adalah seorang kiper yang sudah memperkuat sejumlah klub Eropa. Pemain berusia 29 tahun ini sekarang bermain di West Ham setelah diboyong dari PSG pada 1 Juli 2022.

Pada Piala Dunia 2022, Areola dibawa pelatih Didier Deschamps untuk memperkuat Prancis di Qatar. Namun, mantan pemain Real Madrid tersebut belum pernah mendapat kesempatan bermain sekalipun.

Areola terus berada di bangku cadangan karena Hugo Lloris yang menjadi kiper utama Les Bleus. Soal harga, kini Areola mempunyai nilai pasar sebesar 8 juta euro.

 

4 dari 7 halaman

Hugo Lloris

Hugo Lloris. Kiper Prancis berusia 35 tahun yang kini tengah menjalani musim ke-11 bersama Tottenham Hotspur ini menjadi pemain aktif dengan penampilan terbanyak bagi Tim Ayam Jago dengan mengoleksi 139 caps sejak melakukan debut pada 19 November 2008. Piala Dunia 2022 Qatar akan menjadi Piala Dunia keempatnya dan mungkin yang terakhir, setelah selalu tampil dalam 3 edisi sebelumnya, 2010 hingga 2018 dan telah tampil dalam 14 laga dengan torehan 7 kali clean sheet dan kebobolan 13 gol. (AFP/Geoffroy van der Hasselt)

Hugo Lloris merupakan kapten sekaligus kiper utama timnas Prancis. Pemain Tottenham tersebut termasuk salah satu sosok senior di skuad asuhan Didier Deschamps saat ini.

Meski usianya sudah menginjak 35 tahun, Lloris masih dipercaya untuk mengawal gawang Prancis di Piala Dunia 2022. Dia sudah tampil empat kali di Qatar termasuk di laga kontra Inggris.

Sejak membuat debut pada 19 November 2008, Lloris sudah memainkan 143 pertandingan di level internasional bersama Prancis. Saat ini, Lloris punya nilai pasar sebesar 7 juta euro.

 

5 dari 7 halaman

Olivier Giroud

Top skor sepanjang masa timnas Prancis yang juga jebolan akademi Grenoble, Olivier Giroud pada musim panas 2008 baru saja pulang dari masa peminjaman semusim ke Istres. (AP Photo/Christophe Ena)

Timnas Prancis sepertinya tidak masalah harus kehilangan Karim Benzema. Sebab, Didier Deschams masih bisa mengandalkan Olivier Giroud meski sudah tidak muda lagi.

Striker yang bermain di AC Milan tersebut tampil cukup apik selama Piala Dunia 2022. Giroud berhasil mencetak empat gol dari empat pertandingan yang dilakoninya.

Giroud sendiri saat ini sudah menginjak usia 36 tahun. Tidak mengherankan kalau dirinya memiliki nilai pasar cuma sebesar 4 juta euro.

 

6 dari 7 halaman

Steve Mandanda

Steve Mandanda. Kiper Prancis berusia 37 tahun yang telah berseragam Marseille selama 13 musim dalam dua periode ini mulai terpinggirkan dari skuat utama sejak awal musim 2021/2022 ini akibat performa yang menurun dimakan usia dan tergantikan oleh kedatangan kiper anyar Pau Lopez. Musim ini ia baru bermain dalam 6 laga di Ligue 1. (AFP/Sylvain Thomas)

Steve Mandanda kini telah berusia 37 tahun. Dia masuk skuad Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 karena cedera yang dialami Mike Maignan.

Meski termasuk kiper yang cukup berpengalaman, Mandanda tidak menjadi pilihan utama Prancis di Piala Dunia 2022. Dia berada di belakang Hugo Lloris.

Mandanda sempat mendapat kesempatan tampil pada pertandingan melawan Tunisia di fase grup D. Kiper yang aktif bermain untuk Stade Rennais memiliki nilai pasar sebesar 1,5 juta euro.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 13/12/2022)

7 dari 7 halaman

Berita Terkait