Foto: Ini Dia Wakil Afrika Terbaik dalam 5 Edisi Terakhir Piala Dunia, Maroko Terbaik Sepanjang Sejarah

oleh Hendriyan diperbarui 14 Des 2022, 14:17 WIB
Piala Dunia 2022 menjadi edisi terbaik bagi wakil Afrika sepanjang sejarah Piala Dunia dengan keberhasilan Maroko menembus babak semifinal. Bahkan, bukan tidak mungkin Hakim Ziyech dkk mampu lolos ke final, bahkan menjadi juara. Berikut kiprah para wakil Afrika terbaik dalam 5 edisi terakhir Piala Dunia. (AP Photo/Martin Meissner)
Ghana pada Piala Dunia 2006. Ghana menjadi satu-satunya wakil Afrika yang mampu lolos ke babak 16 besar pada Piala Dunia 2006 di Jerman. Empat wakil Afrika lainnya, Angola, Pantai Gading, Togo dan Tunisia semuanya rontok di fase grup. Stephen Appiah dkk akhirnya tersingkir di babak 16 besar setelah kalah 0-3 dari Brasil. (AFP/Timothy A. Clary)
Ghana pada Piala Dunia 2010. Benua Afrika total meloloskan 6 wakilnya pada Piala Dunia 2010 termasuk Afrika Selatan sebagai tuan rumah. Lagi-lagi hanya Ghana yang sukses melenggang ke babak 16 besar. Lima wakil lainnya, Aljazair, Kamerun, Pantai Gading, Nigeria dan tuan rumah Afrika Selatan semuanya gugur di fase grup. Setelah menang 2-1 atas Amerika Serikat di babak 16 besar, Asamoah Gyan dkk akhirnya disingkirkan Uruguay di perempatfinal lewat adu penalti. (AFP/Gianluigi Guercia)
Aljazair pada Piala Dunia 2014. Benua Afrika total meloloskan 5 wakilnya pada Piala Dunia 2014. Tiga wakil Afrika rontok di fase grup, yaitu Kamerun, Ghana dan Pantai Gading dan menyisakan dua wakil, Aljazair dan Nigeria. Meski keduanya sama-sama tersisih di 16 besar, namun Aljazair berhak mendapat predikat wakil Afrika terbaik karena memiliki catatan selisih gol yang lebih baik dibanding Nigeria pada fase grup. Di babak 16 besar pun Aljazair hanya kalah tipis 1-2 dari Jerman melalui perpanjangan waktu, sementara Nigeria kalah 0-2 dari Prancis di waktu normal. (AFP/Kirill Kudryavtsev)
Senegal pada Piala Dunia 2018. Untuk pertama kalinya sejak 1982, seluruh wakil Afrika pada Piala Dunia 2018, yaitu Mesir, Maroko, Nigeria, Senegal dan Tunisia semuanya terhenti di fase grup. Namun Senegal bisa dibilang sebagai yang terbaik setelah hampir lolos dari fase grup. Dalam klasemen Grup H, Sadio Mane dkk sebenarnya memiliki poin dan selisih gol yang sama dengan Jepang untuk memperebutkan posisi runner-up. Namun karena faktor disiplin, di mana Senegal mengoleksi lebih banyak kartu kuning, maka Jepang lah yang lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup H. (AFP/Emmanuel Dunand)
Maroko pada Piala Dunia 2022. Maroko dipastikan menjadi wakil Afrika terbaik pada Piala Dunia 2022 setelah mampu mencapai babak semifinal, prestasi yang belum pernah diraih wakil Afrika sepanjang sejarah Piala Dunia. Setelah Kamerun, Ghana dan Tunisia tersingkir di fase grup, Maroko bersama Senegal menjadi dua wakil tersisa di babak 16 besar. Senegal pun akhirnya gugur di 16 besar, dan menyisakan Maroko yang kini telah mencapai semifinal. Bukan tak mungkin Maroko terus melaju ke partai final, bahkan menjadi juara. (AP Photo/Martin Meissner)

Berita Terkait