Jose Mourinho Jadi Kandidat Kuat Pelatih Portugal Seusai Piala Dunia 2022, Bisa Reuni dengan Cristiano Ronaldo

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 16 Des 2022, 08:10 WIB
Pasukan Jose Mourinho keluar sebagai pemenang dengan dua gol tanpa balas. (Alfredo Falcone/LaPresse via AP)

Bola.com, Lisbon - Jose Mourinho menjadi kandidat kuat pelatih Timnas Portugal untuk menggantikan Fernando Santos. Pria berjulukan The Special One itu bisa bereuni dengan Cristiano Ronaldo.

Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) baru saja mengumumkan kepergian Fernando Santos pada Kamis (15/12/2022) setelah kegagalan tim berjulukan A Selecao itu di Piala Dunia 2022.

Advertisement

Cristiano Ronaldo dkk. tersingkir dalam babak perempat final Piala Dunia 2022 setelah dikalahkan Maroko 0-1 pada 10 Desember 2022.

Fernando Santos telah menjadi pelatih Timnas Portugal sejak 2014. Arsitek berusia 68 tahun itu berhasil mempersembahkan gelar Euro 2016 dan UEFA Nations League 2019 untuk A Selecao.

2 dari 5 halaman

Buruan Nomor 1

ose Mourinho berhasil membawa AS Roma menjuarai UEFA Conference League, setelah membungkam Feyenoord dengan skor 1-0 pada laga final di National Arena, Tirana, Albania, Kamis (26/5/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Media Portugal, Record mengabarkan bahwa FPF menjadikan Jose Mourinho sebagai buruan nomor satu penerus Fernando Santos untuk menangani Bruno Fernandes cs.

Namun, Jose Mourinho masih memoles AS Roma. Juru taktik berumur 59 tahun itu masih terikat kontrak panjang hingga Juni 2024 sejak Juli 2021.

Jose Mourinho disebutkan dapat melatih Portugal dan AS Roma sekaligus jika menerima proposal dari FPF untuk memimpin A Selecao dalam Kualifikasi Euro 2024.

3 dari 5 halaman

Bungkam

AS Roma menjadi klub teranyar yang berhasil dibawa Jose Mourinho meraih trofi. The Special One sukses membawa AS Roma mendapatkan trofi Europa Conference League, yang termasuk trofi mayor Eropa pertama sepanjang sejarah klub Ibu Kota Italia itu. (AFP/Gent Shkullaku)

Jose Mourinho masih bungkam dengan kabar tawaran melatih Portugal. Dia baru saja tiba di tanah kelahirannya pada Kamis (15/12/2022) untuk menggelar pemusatan latihan AS Roma.

Selain Jose Mourinho, lima nama juga dikaitkan dengan posisi pelatih Portugal. Kelimanya adalah Rui Jorge dari Portugal U-21, Abel Ferreira dari Palmeiras, Paulo Fonseca dari Lille, Rui Vitoria dari Mesir, dan Jorge Jesus dari Fenerbahce.

4 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo Belum Akan Pensiun

Jika menerima proposal dari Portugal, Jose Mourinho akan bereuni dengan Cristiano Ronaldo. Keduanya sempat berkolaborasi sebagai pelatih dan pemain di Real Madrid pada 2010-2013.

Cristiano Ronaldo dikabarkan belum akan pensiun dari Portugal pasca-Piala Dunia 2022. Striker berusia 37 tahun itu masih sanggup bermain di Euro 2024.

Sumber: Record

5 dari 5 halaman

Jose Mourinho Tiba di Portugal

Berita Terkait