3 Pemain Vietnam yang Menjadi Magnet di Piala AFF 2022: Pernah Menyakiti Timnas Indonesia

oleh Hery Kurniawan diperbarui 18 Des 2022, 08:15 WIB
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, kabarnya akan menggunakan delapan pemain U-23 untuk memperkuat skuad senior di Piala AFF 2020. (AFP/Vatsyayana)

Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam menjadi satu dari beberapa tim yang difavoritkan untuk menjadi juara Piala AFF 2022. Tentu saja bersama dengan kekuatan Asia Tenggara lain, Timnas Thailand.

Timnas Vietnam tergabung di Grup B pada Piala AFF 2022. Di grup itu ada Malaysia, Singaoura, Laos, dan Myanmar.

Advertisement

Timnas Vietnam tengah ada dalam motivasi tinggi. Apalagi Piala AFF 2022 juga menjai ajang perpisahan bagi sang pelattih, Park Hang-seo.

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo sudah memilih 23 pemain yang akan dibawa berlaga di Piala AFF 2022. Mereka siap tampil mati-matian di ajang itu.

Bola.com memilih tiga pemain yang bakal menjadi magnet tersendiri di Piala AFF 2022. Kebetulan mereka pernah memiliki sejarah menarik dengan Timnas Indonesia.

2 dari 5 halaman

Nguyen Quang Hai

Gelandang Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, berebut bola dengan gelandang Vietnam, Nguyen Quang Hai, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Selasa (15/10). Indonesia kalah 1-3 dari Vietnam. (AFP/Aditya Wany)

Nguyen Quang Hai adalah bintang utama Timnas Vietnam. Pemain berusia 25 tahun itu kini bermain di Ligue 2 Prancis bersama Pau FC.

Quang Hai cukup sering berhadapan dengan Timnas Indonesia. Sejauh ini, Quang Hai sudah pernah mencetak satu gol ke gawang Timnas Indonesia.

Itu terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Saat itu Vietnam menang telak 4-0 atas Timnas Indonesia.

3 dari 5 halaman

Doan Van Hau

Doan Van Hau, Timnas Vietnam (dok. Getty Images)

Nama Doan Van Hau tak asing bagi publik sepak bola nasional. Van Hau pernah menjadi musuh bagi masyarakat Indonesia pada final SEA Games 2019.

Saat itu Van Hau melepaskan tekel kasar kepada Evan Dimas Darmono. Evan pun mengalami cedera parah dan tidak bisa melanjutkan laga. Hasilnya, Timnas Indonesia U-23 harus kembali puas dengan medali perak.

Doan Van Hau sempat berkarier di Belanda bersama Heerenveen. Namun, pemain berusia 23 tahun ini kembali ke Vietnam sejak 2020 dan memperkuat Hanoi FC.

4 dari 5 halaman

Vu Van Thanh

Pemain Indonesia, Andik Vermansah (kiri), berebut bola dengan pemain Vietnam, Vu Van Thanh, dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12/2016). (Bola.com/Peksi Cahyo)

satu lagi pemain Vietnam yang bakal menarik perhatian di Piala AFF 2022 adalah Vu Van Thanh. Ia adalah bek kanan andalan Timnas Vietnam di era Park Hang-seo.

Vu Van Tanh layaknya bek sayap modern lain. Ia cukup efektif ketika diinstruksikan membantu penyerangan.

Vu Van Thanh pun memiliki pengalaman menarik dengan Timnas Indonesia. Ia mencetak satu gol dalam kemenangan 4-0 Vietnam atas Tim Merah-Putih di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

5 dari 5 halaman

Skuad Vietnam untuk Piala AFF 2022

Kiper

- Dang Van Lam

- Tran Nguyen Manh

- Nguyen Van Toan

Belakang

- Nguyen Thanh Binh

- Bui Tien Dung

- Bui Hoang Viet

- Do Duy Manh

- Doan Van Hau

- Que Ngoc Hai

- Ho Tan Tai

- Vu Van Thanh

- Nguyen Phong Hong Duy

Tengah

- Khuat Van Khang

- Nguyen Hoang Duc

- Chau Ngoc Quang

- Nguyen Hai Huy

- Do Hung Dung

- Phan Van Duc

- Nguyen Tuan Anh

- Nguyen Quang Hai

Depan

- Nguyen Van Quyet

- Pham Tuan Hai

- Nguyen Van Toan

- Nguyen Tien Linh

 

 

 

Berita Terkait