3 Momen Menegangkan pada Final Piala Dunia 2022 antara Argentina Vs Prancis

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 19 Des 2022, 02:36 WIB
Pemain Prancis, Kylian Mbappe berusaha melewati penjagaan tiga pemain Argentina dalam pertandingan final Piala Dunia 2022. (AP Photo/Hassan Ammar)

Bola.com, Jakarta - Trofi Piala Dunia 2022 akhirnya diangkat oleh Lionel Messi dan Argentina. Bertanding di Lusail Stadium, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB, Tim Tango menang lewat adu penalti atas Prancis.

 

Advertisement

Argentina memimpin 2-0 pada babak pertama, tetapi Prancis berhasil menyamakan kedudukan pada babak kedua berkat dua gol Kylian Mbappe.

Final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis harus dilanjutkan ke babak tambahan setelah skor 2-2 bertahan. Pada extra time, Mbappe dan Messi sama-sama mencetak satu gol sehingga skor menjadi 3-3 dan pertandingan lanjut ke adu penalti.

Pada adu penalti ini, Argentina memastikan gelar Piala Dunia 2022 setelah empat penendangnya sukses melesakkan gol. Sementara di kubu Prancis, dua eksekutor gagal melakukan tugasnya. Skor akhir 4-2.

2 dari 5 halaman

Dua Gol Mbappe Bikin Fans Argentina Ketar-ketir

Pemain Prancis, Kylian Mbappe melakukan tendangan langsung ke gawang Argentina yang membuahkan gol. (AP Photo/Manu Fernandez)

Argentina tampaknya bakal keluar sebagai pemenang lebih awal setelah memimpin dua gol berkat gol Lionel Messi dan Angel di Maria pada babak pertama. Tapi pada babak kedua, Prancis bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah Mbappe mencetak gol menit 80' dan 81'.

Bahkan, Mbappe memaksa laga kembali imbang menjadi 3-3 setelah golnya menit 118', juga lewat penalti, memaksa pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti.

3 dari 5 halaman

Tendangan Terakhir Lionel Messi yang Ditepis Hugo Lloris

Pemain Argentina, Julian Alvarez sempat mengancam gawang Timnas Prancis diawal babak pertama. Namun Kesigapan Hugo Lloris dibawah mistar gawan Prancis mampu menghadang tendangan dari Alvarez. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Momen menegangkan berikutnya lahir dari kaki kiri Lionel Messi. Tendangan kerasnya pada menit-menit akhir babak kedua ditepis Hugo Lloris.

Saat itu kedudukan imbang 2-2, dan jika saja peluang ini berbuah gol, bisa jadi itu bakal dipilih sebagai gol terbaik Piala Dunia 2022.

4 dari 5 halaman

Drama Adu Penalti

Penendang pertama Timnas Prancis, Kylian Mbappe mencetak gol ke gawang Timnas Argentina saat adu penalti dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Ketegangan berlanjut hingga drama adu penalti. Emiliano Martinez punya modal lebih besar karena pada Piala Dunia 2022 pernah memenangi momen tos-tosan.

Kepercayaan diri dan ketenangan agaknya jadi penentu. Empat penendang Argentina sukses melakukan tugasnya sebagai algojo penalti, sementara Prancis dua pemainnya gagal.

5 dari 5 halaman

Berita Terkait