Foto: Deretan 5 Pelatih Termuda Sepanjang Sejarah yang Mampu Meraih Gelar Piala Dunia, Termasuk Pelatih Argentina Lionel Scaloni

oleh Hendriyan diperbarui 21 Des 2022, 22:37 WIB
Sepanjang sejarah Piala Dunia, deretan pelatih hebat telah menunjukkan kapasitasnya untuk mempersembahkan trofi Piala Dunia bagi tim yang dibesutnya. Dari sekian banyak pelatih tersebut, tercatat ada 5 yang berusia paling muda. Siapa saja? Yuk disimak uraiannya berikut ini. (AFP/Luis Robayo)
Lionel Scaloni. Pelatih berkebangsaan Argentina ini baru saja mengantar Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar setelah mengalahkan Prancis di partai final. Ia menjadi pelatih termuda kelima sepanjang sejarah yang mampu menjuarai Piala Dunia. Saat laga final yang digelar pada 18 Desember 2022, usianya baru menginjak 44 tahun. (AP Photo/Natacha Pisarenko)
Juan Lopez Fontana. Pelatih berkebangsaan Uruguay yang wafat pada 4 Oktober 1983 dalam usia 75 tahun ini menjadi pelatih termuda keempat sepanjang sejarah yang mampu menjuarai Piala Dunia. Timnas Uruguay berhasil dibawanya menjadi juara pada Piala Dunia edisi 1950 di Brasil saat ia berusia 42 tahun 9 bulan. Pada putaran akhir, Uruguay sukses memuncaki klasemen dengan 5 poin, mengungguli Brasil di posisi kedua dengan 4 poin, Swedia di posisi keiga dengan 2 poin dan Spanyol di posisi buncit dengan raihan 1 poin. (goldinauctions.com)
Cesar Luis Menotti. Pelatih berkebangsaan Argentina yang kini berusia 84 tahun ini menjadi pelatih termuda ketiga sepanjang sejarah yang mampu menjuarai Piala Dunia. Timnas Argentina dibawanya menjadi juara pada Piala Dunia edisi 1978 di Argentina saat ia berusia 39 tahun 8 bulan. Pada partai final yang digelar pada 25 Juni 1978, Argentina sukses mengalahkan Belanda dengan skor 3-1 melalui perpanjangan waktu, setelah hingga waktu normal kedua tim bermain imbang 1-1. (AFP/Stringer)
Mario Zagallo. Pelatih berkebangsaan Brasil yang kini berusia 91 tahun ini menjadi pelatih termuda kedua sepanjang sejarah yang mampu menjuarai Piala Dunia. Timnas Brasil dibawanya menjadi juara pada Piala Dunia edisi 1970 di Meksiko saat ia berusia 38 tahun 10 bulan. Pada partai final yang digelar pada 21 Juli 1970, Brasil sukses mengalahkan Italia dengan skor 4-1. Sebagai pemain, Mario Zagallo juga mampu meraih trofi Piala Dunia sebanyak dua kali, yaitu pada edisi 1958 dan 1962. (AFP/Gabriel Bouys)
Alberto Suppici. Pelatih berkebangsaan Uruguay yang wafat pada 21 Juni 1981 dalam usia 82 tahun ini menjadi pelatih termuda sepanjang sejarah yang mampu menjuarai Piala Dunia. Timnas Uruguay berhasil dibawanya menjadi juara pada Piala Dunia edisi pertama 1930 saat ia berusia 31 tahun 8 bulan. Pada partai final yang digelar pada 31 Juli 1930, Uruguay sukses mengalahkan Argentina dengan skor 4-2. (sportday.gr)

Berita Terkait