10 Pemain Terbaik Asia Saat Ini (Bagian 2): Son Heung-min Enggak Ada Lawan

oleh Choki Sihotang diperbarui 23 Des 2022, 12:45 WIB
Son Heung-Min merupakan penyerang berkelas yang diharapkan bisa mencetak banyak gol untuk Timnas Korea Selatan. Namun sayang penyerang Tottenham itu gagal mencetak gol dari empat laga di Piala Dunia 2022. (AFP/Manan Vatsyayana)

Bola.com, Jakarta - Jika ditanya siapa pemain terbaik Asia saat ini? Tak pelak, jawabannya pasti Son Heung-min dari Tottenham Hotspur.

Son merupakan salah satu striker mematikan di Premier League dalam beberapa musim terakhir.

Advertisement

Pada musim 2021/2022 dia bahkan menjadi yang tersubur bersama striker Liverpool, M Salah. Keduanya sama-sama mendulang 23 gol.

Son juga berhasil meraih medali emas Asian Games 2018, yang membuatnya terbebas dari wajib militer di Korea Selatan.

Di Piala Dunia 2022 yang baru saja berlalu, Son membawa negaranya ke babak 16 besar sebelum dihentikan Brasil dengan skor 1-4. Selain Piala Dunia, Son juga belum pernah memenangi Piala Asia bersama Taegeuk Warriors.

Pada 2019, ia hanya tampil di babak sistem gugur. Jepang kalah di semifinal melawan Qatar yang kemudian tampil sebagai juara.

Selain Son, siapa lagi bintang Asia yang menjadi pusat perhatian dunia? Di bawah ini tiga di antaranya, seperti dilansir Sportskeeda. Ini menjadi bagian kedua dari daftar pemain terbaik Asia saat ini. 

 

2 dari 4 halaman

Hwang Hee-chan

Pemain Korea Selatan Hwang Hee-chan melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Portugal pada pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, 2 Desember 2022. Korea Selatan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai menaklukkan Portugal dengan skor 2-1. (AP Photo/Hassan Ammar)

Hwang Hee-Chan adalah salah satu bintang sepak bola Korea Selatan yang bersinar di luar negeri, seperti halnya Son Heung-min.

Hee-Chan benar-benar menjadi pusat perhatian sepak bola Eropa musim lalu, ketika dia bermain untuk klub Austria RB Salzburg.

Secara khusus, Hwang tampil luar biasa di Anfield melawan Liverpool dalam pertandingan penyisihan grup Liga Champions.

Namun, sejak pindah ke Leipzig, Hee-Chan tidak mendapatkan tempat utama di klub Jerman tersebut. Dia dipinjamkan ke klub Premier League, Wolverhampton Wanderers, yang kemudian pindah secara permanen dan menandatangani kontrak hingga 2026.

 

3 dari 4 halaman

Sardar Azmoun

Sardar Azmoun merupakan andalan Timnas Iran di Piala Dunia 2022. Sayang, ia dan timnya harus menelan pil pahit dalam laga pembuka Grup B setelah dibantai Inggris dengan skor 2-6. Pria 27 tahun itu pernah berkarier di beberapa klub Rusia seperti Zenit Saint Petersburg dan Rubin Kazan. Kini, ia berkarier di klub Liga Jerman, Bayer Leverkusen. Hal tersebut yang membuat Azmoun dijuluki sebagai ‘Messi dari Iran’ karena dikenal sebagai pemain Iran yang paling berprestasi di liga-liga Eropa. (AP/Frank Augstein)

Dijuluki sebagai Lionel Messi dari Iran, Azmoun telah menjadi salah satu pemain terbaik Asia sejak pindah ke Eropa pada 2013.

Saat berusia 18 tahun, Azmoun meninggalkan Sepahan di negara asalnya Iran untuk bergabung dengan Rubin Kazan di Rusia. Sejak itu, dia tetap tinggal di Rusia dan menjadi salah satu striker terbaik yang menghiasi liga.

Musim ini, dia pindah ke Bayer Leverkusen dengan gratis. Seperti banyak pemain besar di Asia, Azmoun juga belum pernah menjuarai Piala Asia. Dalam edisi terakhir di UEA, Iran dikalahkan Jepang di semifinal.

 

4 dari 4 halaman

Takumi Minamino

Penyerang Jepang, Takumi Minamino (kedua kanan) berselebrasi berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Arab Saudi dalam laga kualifikasi Piala Dunia zona Asia Grup B di Saitama Stadium, Saitama, Jepang, Selasa (1/2/2022). Jepang menang dengan skor 2-0. (AFP/Philip Fong)

Minamino menjalani kehidupan yang sulit setelah pindah ke Liverpool dari RB Salzburg pada Januari 2020. Dia berjuang keras untuk menemukan waktu bermain di tim Jurgen Klopp.

Klopp lalu meminjamkannya ke Southampton untuk paruh kedua musim 2020/2021. Pada jendela transfer musim panas 2022, Minamino dijual ke Monaco.

Selama membela RB Salzburg (2015-2020) dan Timnas Jepang, Minamino tampil gemilang yang membuatnya menjadi pusat perhatian.

Gelandang 27 tahun ini juga masuk skuad Samurai Biru asuhan Hajime Moriyasu saat Piala Dunia 2022 lalu.

Sumber: Sportskeeda