Media Argentina Merespons Gol Sergio Aguero buat Malaysia ke Gawang Laos di Piala AFF 2022

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 26 Des 2022, 14:15 WIB
Pemain naturalisasi Timnas Malaysia, Sergio Aguero (19) merayakan gol ke gawang Timnas Laos pada Piala AFF 2022, Sabtu (24/12/2022). (Dok. FA Malaysia)

Bola.com, Jakarta - Media kenamaan Argentina, Ole, terkejut mengetahui Sergio Aguero mencetak gol buat Malaysia di Piala AFF 2022.

Sergio Aguero saat ini memang sedang membela Malaysia di Piala AFF 2022. Ketika striker naturalisasi itu mencetak gol ke gawang Laos, sontak media Argentina terkejut.

Advertisement

Ya, nama Sergio Aguero memang identik dengan Argentina, striker legendaris yang pernah membela Man City dan Atletico Madrid.

“Ini adalah Sergio Aguero yang lain, bukan pemain yang diketahui semua orang Argentina. Dia saat ini bermain untuk Malaysia, tidak pernah bermain untuk Man City, Barcelona atau tidur dengan Messi."

"Namun, ada kesamaan di antara keduanya. Dia lahir di Argentina dan tahu cara mencetak gol," tulis Ole.

2 dari 5 halaman

Nama Sergio Aguero, Selebrasi Siuuu ala Cristiano Ronaldo

Sergio Aguero berencana dinaturalisasi untuk kepentingan klub dalam memaksimalkan potensi pemain asing di Liga Super Malaysia 2022. (Instagram/@sergio.aguero14)

Sergio Aguero 'versi Malaysia' ini lahir pada 1994 di provinsi La Rioja, Argentina. Dia telah bermain untuk banyak tim berbeda di Malaysia seperti Perak FC, Kuala Lumpur Rovers, Sarawak United, Penang FC.

Sergio Aguero pertama kali dipanggil untuk pertandingan persahabatan pada bulan November. Ia telah dinaturalisasi menjadi warga negara Malaysia.

Meski bernama Sergio Aguero dan mencintai Lionel Messi, Aguero versi Malaysia ini memiliki selebrasi Siuu ala Cristiano Ronaldo. Itu terlihat saat ia mencetak gol ke gawang Laos.

3 dari 5 halaman

Tidak Punya Jam Terbang

Terlepas dari sumbangsih yang ia berikan buat Malaysia di Piala AFF 2022, Aguero terbilang minim jam terbang, sama seperti pemain naturalisasi lainnya di tim Harimau Malaya.

Pelatih Malaysia, Kim Pan-gon memanggil total delapan personel naturalisasi dengan beragam jam terbang saat pemusatan latihan.

Dari delapan nama pemain itu, yang sudah berpengalaman di level internasional ialah Brendan Gan (19 caps), Darren Lok (14 caps), dan Dion Cools (12 caps). Adapun Declan Lambert baru mengemas satu penampilan.

Sementara itu, empat nama pemain naturalisasi lainnya belum pernah sekalipun memperkuat Harimau Malaya di ajang internasional. Mereka adalah Lee Tuck, Sergio Aguero, Stuart Wilkin, dan David Rowley.

4 dari 5 halaman

Banyak Membantu

Terlepas dari minimnya jam terbang sejumlah pemain di Malaysia, optimisme tinggi tetap diusung oleh satu di antara pemain naturalisasi, Darren Lok.

Darren Lok menyadari, daftar nama pemain yang dipanggil oleh pelatih Kim Pan-gon untuk menjalani pemusatan latihan (TC) timnas Malaysia ini adalah kombinasi yang terbaik.

Menurut Darren Lok, pemain-pemain berpengalaman inilah yang bakal membantu pemain-pemain baru di Malaysia untuk memahami gaya permainan yang ingin diterapkan.

“Ada pemain yang datang lebih awal. Jadi, mereka punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri. Tentu, kombinasi yang bagus antara wajah lama, wajah baru, dan pemain muda,” kata Darren Lok seperti dikutip dari Berita Harian.

Sumber: Ole, Berita Harian

5 dari 5 halaman

Klasemen dan Jadwal Pertandingan

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin
1 Thailand 1 0 0 3
2 Filipina
3 Indonesia
4 Kamboja 1 1
5 Brunei 0 2 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

Kamboja Vs Filipina (3 - 2)

Brunei Vs Thailand (0 - 5)

Filipina Vs Brunei (5 - 1)

Indonesia Vs Kamboja (2 - 1)

Brunei Vs Indonesia

Thailand Vs Filipina

Kamboja Vs Brunei

Indonesia Vs Thailand

Thailand Vs Kamboja

Filipina Vs Indonesia

 

Klasemen Grup B

Pos Tim M K S Poin
1 Malaysia 2 6
2 Vietnam
3 Singapura 1 3
4 Myanmar 0 2
5 Laos 0 2 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup B

Myanmar Vs Malaysia (0 - 1)

Laos Vs Vietnam (0 - 6)

Singapura Vs Myanmar (3 - 2)

Malaysia Vs Laos (6 - 0)

Laos Vs Singapora

Vietnam Vs Malaysia

Myanmar Vs Laos

Singapora Vs Vietnam

Vietnam Vs Myanmar

Malaysia Vs Singapora

 

Berita Terkait