Foto: Pele Tutup Usia, Harapannya Main Bola Bareng Maradona di Surga Terwujud

oleh Hendriyan diperbarui 30 Des 2022, 15:43 WIB
Legenda sepak bola dunia asal Brasil, Pele yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento tutup usia pada Kamis (29/12/2022) di Rumah sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brasil. Kepergian Pele dalam usia 82 tahun membuat dunia sepak bola telah kehilangan dua pesepak bola terbaik di dunia hanya dalam rentang waktu dua tahun semenjak kepergian legenda Argentina, Diego Maradona pada 25 November 2020 lalu. (AFP/Patrick Kovarik)
Saat Diego Armando meninggal dunia pada 25 November 2020, dunia sepak bola begitu berduka termasuk Pele yang membuatnya bersedih hingga membuat pesan emosional yang kini kembali viral saat dirinya meyusul Diego Maradona. (AFP/Argentinian Presidency)
Di samping memberi support untuk keluarga yang ditinggalkan, Pele juga membuat pesan menyentuh dengan berharap agar bisa bermain bola bareng Maradona di surga. (AFP/Patrick Kovarik)
Kini, setelah dua tahun harapannya terwujud. Pele benar-benar menyusul Maradona untuk bermain bola bareng di surga. (AFP/Norberto Duarte)
Pele dan Maradona tak disangsikan lagi adalah dua pemain terhebat sepanjang sejarah sepak bola dunia sebelum munculnya rivalitas antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. (AFP/Sputnik/Alexey Nikolsky)
Rivalitas antara Pele dan Maradona memang tak terjadi di dalam lapangan, karena keduanya memang tak pernah saling berhadapan sebagai sesama pemain. Di level antar-negara, Diego Maradona baru bermain bersama Argentina pada Piala Dunia 1982, sementara Pele menjalani Piala Dunia terakhirnya bersama Brasil pada 1970. (AFP/Patrick Kovarik)
Pele total mengoleksi 3 gelar Piala Dunia pada edisi 1958, 1962 dan 1970. Sementara Diego Maradona mengoleksi satu gelar Piala Dunia pada edisi 1986. (Kolase AFP)
Pada Piala Dunia 1982, hubungan keduanya memburuk di luar lapangan saat Diego Maradona mendapat kartu merah kala Argentina kalah 1-3 dari Brasil. Pele melontarkan kritik kepada Maradona yang dinilainya bermain kasar dengan menginjak salah seorang pemain Brasil hingga wajar jika wasit mengganjarnya kartu merah. (AFP/Staff)
Setelah itu hubungan mereka pun sempat naik turun. Kini Pele telah menyusul Mardona ke Surga dan harapannya pada dua tahun lalu pun terwujud untuk dapat bermain bola bareng Maradona di surga. Selamat jalan, Pele! (AFP/Juan Mabromata)

Berita Terkait