Foto: Barisan 5 Top Skor Sepanjang Masa Piala AFF, Teerasil Dangda Terdepan dan Satu-satunya yang Berstatus Pemain Aktif

oleh Hendriyan diperbarui 05 Jan 2023, 17:43 WIB
Ajang pesta sepak bola negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Piala AFF telah memasuki edisi yang ke-14, sejak edisi pertama pada 1996 hingga penyelenggaraan terkini edisi 2022. Termasuk edisi 2022 yang telah memasuki fase semifinal, tercatat ada 5 pemain yang masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Berikut daftar kelima pemain tersebut. (AFP/Roslan Rahman)
Le Huynh Duc. Eks striker Vietnam berusia 50 tahun yang telah pensiun pada 2008 ini tercatat sebagai pemain dengan dengan jumlah gol terbanyak keempat di Piala AFF sepanjang masa. Ia total mencetak 14 gol di Piala AFF, tanpa satu kali pun meraih gelar top skor pada edisi yaang diikutinya. (AFP/World Sport Group))
Worrawoot Srimaka. Eks striker Thailand berusia 51 tahun yang telah pensiun pada Januari 2010 dan kini menjabat sebagai pelatih Kasetsart FC di kasta tertinggi Liga Thailand ini tercatat sebagai pemain dengan dengan jumlah gol terbanyak ketiga di Piala AFF sepanjang masa. Ia total mencetak 15 gol di Piala AFF dan pernah satu kali menjadi top skor pada edisi 2000 dengan mencetak 5 gol bersanding dengan striker Indonesia, Gendut Doni. (AFP/Weda)
Le Cong Vinh. Eks striker Vietnam berusia 37 tahun yang telah pensiun pada Desember 2016 ini juga tercatat sebagai pemain dengan dengan jumlah gol terbanyak ketiga di Piala AFF sepanjang masa. Ia juga total mencetak 15 gol di Piala AFF, namun tanpa satu kali pun meraih gelar top skor pada edisi yaang diikutinya. (AFP/Hoang Dinh Nam)
Noh Alam Shah. Eks striker Singapura berusia 42 tahun yang telah pensiun pada 2016 dan kini menjabat sebagai pelatih Tanjong Pagar United FC di kasta tertinggi Liga Singapura ini tercatat sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak kedua di Piala AFF sepanjang masa. Ia total mencetak 17 gol di Piala AFF dan pernah satu kali Menjadi top skor pada edisi 2007 dengan mencetak 10 gol. Catatan golnya hingga kini masih menjadi yang terbanyak dalam satu edisi Piala AFF. (AFP/Tengku Bahar)
Teerasil Dangda. Striker Thailand berusia 34 tahun milik BG Pathum United yang kini masih bermain di Piala AFF 2022 dan telah mencetak 2 gol ini menjadi pemain dengan koleksi gol terbanyak Piala AFF sepanjang masa. Termasuk dua gol terkini, Teerasil Dangda telah mencetak total 24 gol. Hingga kini ia telah 4 kali meraih gelar top skor di Piala AFF pada edisi 2008, 2012, 2016 dan edisi 2020. (AFP/Roslan Rahman)

Berita Terkait