Foto: Sempat Memaksa Menyelesaikan Balapan setelah Alami Kecelakaan hingga Mobil Terbalik, Carlos Sainz Putuskan Mundur dari Reli Dakar 2023

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 11 Jan 2023, 14:23 WIB
Carlos Sainz terpaksa mundur dari Reli Dakar 2023 setelah mengalami insiden parah di stage 9 yang berlangsung dari Riyadh hingga Haradh pada Selasa (10/01/2023) waktu setempat. (AFP/Franck Fife)
Kejadian itu bermula saat Carlos Sainz memacu mobilnya melewati beberapa gundukan pasir. Ia kemudian melakukan lompatan yang cukup tinggi namun gagal mendarat dengan baik. Bagian depan mobil Audi RS Q e-tron E2 yang dikendarainya menghantam pasir dan membuatnya terbalik. (AFP/Franck Fife)
Carlos Sainz dan co-driver Luca Cruz bisa keluar dari mobil dengan selamat. Mereka juga sempat membalikkan mobil dibantu dengan beberapa penonton di sana. (AFP/Franck Fife)
Ayah dari pebalap F1, Carlos Sainz Jr itu sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat menggunakan helikopter. Ia mengeluhkan tubuh bagian kanannya sakit. (AFP/Franck Fife)
Tak disangka, Carlos Sainz kemudian meminta kembali ke tempat kecelakaannya menggunakan helikopter. Ia berupaya untuk menyelesaikan balapan. (AFP/Franck Fife)
Luca Cruz yang dibantu oleh mekanik Audi berusaha memperbaiki mobil agar Sainz bisa melanjutkan balapan. (AFP/Franck Fife)
Carlos Sainz sukses menyelesaikan balapan stage 9 dan kembali ke bivak. Namun, Ia kemudian menyatakan memilih mundur dari Reli Dakar 2023 setelah kerusakan mobilnya cukup fatal. Sainz juga menambahkan bahwa dirinya juga masih merasakan sakit di bagian punggung dan leher setelah kecelakaan kedua dalam beberapa hari terkahir. (AFP/Franck Fife)
Mundurnya Carlos Sainz membuat Audi hanya memiliki satu pebalap yang tersisa, yaitu Mattias Ekstrom. Sebelum Sainz, Stephane Peterhansel juga mundur di etape 6 karena sang co-driver, Edouard Boulanger, cedera parah. (AFP/Franck Fife)