Termasuk Gonzalo Higuain, Kiprah 6 Pemain Berstatus Pinjaman di Chelsea Sebelum Joao Felix

oleh Aryo Atmaja diperbarui 13 Jan 2023, 08:15 WIB
Chelsea - Ilustrasi Logo Chelsea (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Chelsea sukses menggaet Joao Felix dari Atletico Madrid. Penyerang kelahiran Portugal tersebut didatangkan dengan status pinjaman dari Los Rojiblancos hingga akhir musim 2022/2023.

Joao Felix akan menjadi bagian dari Chelsea hingga akhir musim. The Blues harus merogoh kocek sebesar 11 juta euro untuk mendapat jasa pemain jebolan Benfica dan FC Porto tersebut.

Advertisement

Joao Felix menjadi pemain pinjaman kedua Chelsea dalam mengarungi kompetisi 2022/2023. Pada bursa transfer musim panas lalu, The Blues juga meminjam Denis Zakaria dari Juventus.

Merujuk sejarah transfer Chelsea dalam 10 tahun terakhir, klub yang bermarkas di Stamford Bridge kerap menggunakan jasa pinjaman. Ada 6 pemain yang sebelumnya merapat ke Stamford Bridge.

Dari 6 pemain tersebut, 3 di antaranya merupakan penyerang. Akan tetapi, semuanya gagal bersinar bersama The Blues dan tidak mampu menjadi pendulang gol.

Berikut 6 pemain pinjaman Chelsea sebelum Joao Felix dalam dekade terakhir.

2 dari 8 halaman

Radamel Falcao

2. Radamel Falcao – Dipinjam dari Manchester United dengan harapan mampu memberikan penampilan terbaiknya bersama Chelsea. Namun striker andalan timnas Kolombia ini gagal menunjukan ketajamannya sehingga sering dibangku cadangkan. (AFP/Glyn Kirk)

Pada bursa transfer musim panas 2015, Chelsea meminjam Radamel Falcao dari AS Monaco. Namun, The Blues tak mendapatkannya secara gratis karena harus membayar 7 juta euro.

Chelsea meminjam Radamel Falcao setelah sebelumnya membela Manchester United. Akan tetapi, selama semusim di Stamford Bridge, pemain asal Kolombia itu jarang mendapat kesempatan.

Radamel Falcao tampil 12 kali di semua ajang. Bekas penyerang Atletico Madrid itu hanya menyumbang 1 gol untuk The Blues yang ditukangi Jose Mourinho.

3 dari 8 halaman

Alexandre Pato

Alexandre Pato datang ke Stamford Bridge pada Januari 2016 dengan status pinjaman. Penyerang top asal Brasil tersebut tampil kurang memuaskan sehingga enam bulan kemudian dikembalikan. Pato tercatat hanya mencetak 2 gol dan 1 assist bersama Chelsea. (AFP/Oli Scarff)

Pada musim yang sama, Chelsea meminjam Alexandre Pato dari klub Brasil, Corinthians. Namun, dia baru bergabung pada bursa transfer musim dingin 2016 tanpa harus mengeluarkan biaya.

Berbeda dengan Radamel Falcao, Alexandre Pato hanya setengah musim berada di Stamford Bridge. Dia dikembalikan lagi ke klubnya setelah kompetisi musim 2015/2016 berakhir.

Selama berada di Stamford Bridge, Alexandre Pato hanya mendapat kesempatan dua kali dan mencetak 1 gol di Premier League. Selebihnya, dia sering berada di bangku cadangan dan ruang perawatan.

4 dari 8 halaman

Mateo Kovacic

Mateo Kovacic. Gelandang tengah Kroasia yang kini memasuki musim keempatnya bersama Chelsea usai didatangkan dari Real Madrid pada 2018/2019. Telah tampil dalam 158 laga dengan torehan 4 gol dan 12 assist, ia menyumbang 1 trofi Liga Europa, 1 Liga Champions dan 1 Piala Super Eropa. (AP/Matt Dunham)

Chelsea kembali menggunakan jasa pemain pinjaman pada musim 2018/2019. Dia meminjam gelandang Real Madrid, Mateo Kovacic pada bursa transfer musim panas 2018.

Mateo Kovacic langsung menjadi andalan Chelsea sepanjang musim tersebut. Sehingga, pada bursa transfer musim panas setahun kemudian, dia dipermanenkan oleh The Blues.

Pemain asal Kroasia tersebut ditebus dengan mahar sebesar 45 juta euro. Sampai saat ini, gelandang 28 tahun tersebut masih menjadi andalan di lini tengah Chelsea.

5 dari 8 halaman

Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain. Striker Argentina berusia 34 tahun ini didatangkan Chelsea dari Juventus pada tengah musim 2018/2019 dengan status pinjaman. Hanya bertahan hingga akhir musim 2018/2019 alias setengah musim, ia hanya tampil dalam 18 laga di semua ajang dengan torehan 5 gol. Saat ini ia tengah bermain di MLS bersama Inter Miami yang diperkuatnya sejak awal musim 2020/2021 usai dilepas Juventus. (AFP/Glyn Kirk)

Tidak hanya Mateo Kovacic yang dipinjam Chelsea pada musim 2018/2019. The Blues juga membawa Gonzalo Higuain ke Stamford Bridge dengan status pinjaman dari Juventus.

Bedanya, Chelsea masih harus mengeluarkan dana sebesar 7,8 juta sebagai loan fee meskipun masa peminjamannya hanya berlangsung setengah musim.

Gonzalo Higuain mendapat kesempatan tampil 18 kali di semua ajang. Penyerang asal Argentina itu menyumbang 5 gol, tapi semuanya di Premier League.

6 dari 8 halaman

Saul Niguez

Saul Niguez - Pemain pinjaman dari Atletico Madrid ini gagal bersaing dengan nama-nama besar seperti Kante dan Jorginho di lini tengah Chelsea. Saul baru memainkan lima laga bersama Chelsea dengan torehan waktu hanya 238 menit bermain. (AFP/Glyn Kirk)

Saul Niguez menjadi pemain pinjaman Chelsea berikutnya. The Blues meminjamnya dari Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas 2021.

Untuk dapat menggunakan jasa gelandang asal Spanyol tersebut, Chelsea harus membayar 5 juta euro. Setahun berikutnya, ia dikembalikan lagi ke Wanda Metropolitano.

Semusim bersama Chelsea, Saul Niguez tampil 23 kali di semua ajang. Dia juga membantu The Blues memenangi Piala Dunia Antarklub 2022.

7 dari 8 halaman

Denis Zakaria

Gelandang Chelsea Denis Zakaria berebut bola dengan gelandang Manchester City Phil Foden pada matchday ke-18 Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, Jumat (6/1/2023) dini hari WIB. Chelsea berusaha mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada, tapi upaya mereka gagal membuahkan hasil. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Sebelum mendatangkan Joao Felix, Chelsea lebih dulu meminjam Denis Zakaria dari Juventus. Namun, biaya peminjamannya hanya separuh dari penyerang asal Portugal itu, tepatnya sebesar 3 juta euro.

Kontrak Denis Zakaria hanya berdurasi selama satu musim. Artinya, pada akhir kompetisi 2022/2023, gelandang asal Swiss itu akan dikembalikan ke Juventus.

Akan tetapi, sejak bergabung pada bursa transfer musim panas 2022 lalu, Denis Zakaria baru bermain 6 kali di semua ajang. Dia lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan.

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy/Gia Yuda Pradana, published 12/1/2023)

8 dari 8 halaman

Intip Peringkat Chelsea di Liga Inggris Musim Ini

Berita Terkait