Foto: Barcelona Singkirkan Betis Lewat Adu Penalti, El Clasico Dipastikan Mentas di Final Piala Super Spanyol 2022 / 2023

oleh Hendriyan diperbarui 13 Jan 2023, 10:38 WIB
Barcelona menyusul Real Madrid lolos ke final Piala Super Spanyol 2022/2023 setelah menyingkirkan Real Betis di babak semifinal melalui kemenangan adu penalti 4-2 (2-2) dalam laga yang digelar di King Fahd Stadium, Arab Saudi, Jumat (13/1/2023) dini hari WIB. Dengan hasil ini laga El Clasico antara Barcelona melawan Real Madrid akan tersaji di partai final Piala Super Spanyol 2022/2023. (AFP/Giuseppe Cacace)
Barcelona langsung tampil menekan di awal laga. Beberapa peluang didapat, di antaranya melalui gol Pedri pada menit ke-23 yang akhirnya dianulir VAR karena Pedri telah tertangkap offside saat menerima umpan dari Raphinha. (AFP/Giuseppe Cacace)
Pada menit ke-40 Barcelona akhinya unggul 1-0 lewat gol Robert Lewandowski. Gol dicetak lewat tembakan rebound yang sempat diblok bek Real Betis, namun akhirnya jatuh kembali ke kaki Lewandowski yang dengan mudah menaklukkan kiper Betis, Claudio Bravo. Keunggulan satu gol Barcelona bertahan hingga babak pertama usai. (AFP/Giuseppe Cacace)
Pada babak kedua serangan silih berganti dilancarkan kedua tim. Real Betis akhirnya mampu menyamakan skor 1-1 pada menit ke-77 melalui Nabil Fekir. Gol dicetak Nabil Fekir lewat tendangan keras dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan matang Luiz Henrique. (AFP/Giuseppe Cacace)
Hanya berselang empat menit, Barcelona kembali mencetak gol lewat Robert Lewandowski memanfaatkan umpan Ferran Tores. Namun lagi-lagi gol dianulir VAR akibat Ferran Torres telah terlebih dahulu terperangkap offside saat mengirimkan umpan kepada Lewandowski. Skor 1-1 pun bertahan hingga waktu normal usai untuk dilanjutkan ke babak tambahan waktu. (AFP/Giuseppe Cacace)
Dalam babak tambahan waktu Barcelona mampu unggul 2-1 lewat gol Ansu Fati pada menit ke-93. Gol dicetak lewat sepakan voli kaki kiri memanfaatkan bola yang dihalau tak sempurna bek Real Betis. (AFP/Giuseppe Cacace)
Real Betis kembali menyamakan skor 2-2 pada menit ke-101. Gol dicetak oleh Loren Moron lewat kaki bagian belakang setelah memanfaatkan umpan Luiz Henrique. Skor 2-2 pun bertahan hingga babak tambahan waktu usai. Laga terpaksa harus diakhiri dengan adu penalti. (AFP/Giuseppe Cacace)
Dalam babak adu penalti, kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen tampil sebagai pahlawan dengan mampun menggagalkan dua dari empat kesempatan penalti Real Betis. Sementara empat penendang Barcelona semuanya mampu menjalankan tugasnya dengan baik. (AFP/Giuseppe Cacace)
Adu penalti pun akhirnya dimenangkan Barcelona dengn skor 4-2 dan memastikan terjadinya laga El Clasico di partai final unuk menantang Real Madrid yang telah terlebih dahulu lolos ke partai pamungkas Piala Super Spanyol 2022/2023. (AFP/Giuseppe Cacace)

Berita Terkait