FIFA Investigasi Selebrasi Berlebihan Argentina saat Juara Piala Dunia 2022, Gelar Dicabut atau Denda Doang?

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 15 Jan 2023, 06:15 WIB
Kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez, berhasil membawa timnya meraih trofi Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis lewat adu penalti pada laga final di Lusail Stadium, Lusail, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AFP/Kirill KUDRYAVTSEV)

Bola.com, Jakarta - FIFA telah meluncurkan penyelidikan atas dugaan 'perilaku ofensif' oleh Argentina di final Piala Dunia 2022 melawan Prancis.

Setelah kemenangan adu penalti Argentina atas Les Bleus, Emiliano Martinez memimpin perayaan di ruang ganti Argentina di mana mereka mengejek Kylian Mbappe.

Advertisement

Seluruh tim terdengar menyanyikan lagu dengan lirik berisikan kata-kata 'mengheningkan cipta untuk Mbappe yang tewas'.

Penjaga gawang berusia 30 tahun itu pun melakukan gestur mesum sambil memegang trofi Goalkeeper of the Tournament miliknya di atas podium.

2 dari 3 halaman

Melanggar Kode Disiplin

Dengan tambahan satu golnya ke gawang Kroasia, Lionel Messi telah mencetak total 5 gol di Piala Dunia 2022. Jika diakumulasikan dengan raihan golnya dalam 4 edisi Piala Dunia sebelumnya, maka ia total telah mencetak 11 gol dalam 25 laga di Piala Dunia, melewati rekor Gabriel Batistuta sebagai pemain Argentina dengan jumlah gol terbanyak di Piala Dunia dengan 10 gol. (AP Photo/Frank Augstein)

Dengan mengacu pada undang-udang yang berlaku, FIFA selaku induk sepak bola tertinggi sekaligus panitia Piala Dunia membuka investigasi.

"Komite Disiplin FIFA telah membuka proses terhadap Asosiasi Sepak Bola Argentina karena potensi pelanggaran pasal 11 (Perilaku ofensif dan pelanggaran prinsip fair play) dan 12 (Pelanggaran terhadap pemain dan ofisial) dari Disiplin FIFA Kode."

"Serta pasal 44 Peraturan Piala Dunia FIFA Qatar 2022 sehubungan dengan Peraturan Media dan Pemasaran untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022, selama final Piala Dunia FIFA Argentina vs Prancis."

3 dari 3 halaman

Denda

Gelandang Argentina, Enzo Fernandez berselebrasi setelahmencetak gol ke gawang Meksiko selama pertandingan grup C Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Minggu 27 November 2022. Dengan kemenangan atas Meksiko ini, Lionel Messi cs masih berpeluang besar untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. (AP Photo/Moises Castillo)

Meski demikian, Argentina kemungkinan hanya akan didenda berat jika terbukti bersalah atas dakwaan dalam proses penyelidikan.

Wacana mencabut gelar juara Piala Dunia atau mengulang laga final Argentina versus Prancis agaknya tak akan terwujud.

Sumber: FIFA

Berita Terkait