Liga Inggris: Eksekusi Sempurna Bruno Fernandes Jadi Winger Kanan, Penyerang, dan Nomor 10 MU

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 15 Jan 2023, 12:00 WIB
Selebrasi pemain Manchester United, Bruno Fernandes setelah menjebol gawang Manchester City dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris 2022/2023 pekan ke-20 yang berlangsung di Old Trafford, Sabtu (14/1/2023). (AP Photo/Dave Thompson)

Bola.com, Manchester - Bruno Fernandes gemilang saat Manchester United mengalahkan Manchester City pada lanjutan Liga Inggris 2022/2023 pekan ke-20 yang berlangsung di Old Trafford, Sabtu (14/1/2023).

Bukan hanya mencetak gol, Bruno Fernandes mampu mengeksekusi semua peran yang diberikan Erik ten Hag.

Advertisement

Tim Setan Merah meraih kemenangan dengan skor 2-1. Jack Grealish membobol gawang David de Gea. Namun, MU segera bangkit dan mampu membalikkan skor. Bruno Fernandes bikin gol pada menit ke-78. Lalu, menyusul gol dari Marcus Rashford pada menit ke-82.

MU melanjutkan catatan selalu menang usai jeda Piala Dunia 2022. Setan Merah pun kini berada di posisi ketiga klasemen Premier League 2022/2023.

Bruno Fernandes mendapat kritik dari fans MU karena jumlah gol dan assist yang menurun pada musim 2022/2023. Namun, di balik catatan statistik itu, ada peran baru yang dimainkan Bruno bersama Erik ten Hag.

2 dari 6 halaman

Winger

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, bersama rekan setimnya merayakan gol yang dicetak ke gawang Manchester City pada pertandingan pekan ke-20 Premier League 2022/2023 di Old Trafford, Sabtu (14/1/2022). (AFP/Oli Scarff)

Fernandes kini mulai sering bermain sebagai winger. Bukan hanya itu, Fernandes juga punya punya tanggung jawab bertahan lebih banyak.

Pada laga kontra Man City, Fernandes memulai laga sebagai winger kanan. Ten Hag lebih memilih Fernandes daripada Antony. Sedangkan, peran 'Nomor 10' diberikan pada Eriksen.

Fernandes punya tugas berat untuk peran itu. Selain merancang serangan, pemain asal Portugal juga harus mengawasi aksi Joao Cancelo. Tugas itu dieksekusi dengan baik dan Cancelo tak begitu aktif menyerang.

3 dari 6 halaman

False 9

Manchester United - Bruno Fernandes (Bola.com/Adreanus Titus)

Ketika babak kedua dimulai, Erik ten Hag memainkan Antony untuk menggantikan Anthony Martial. Pergantian ini berdampak pada peran Fernandes.

Antony mengambil peran winger kanan. Sedangkan, Rashford yang punya kemampuan sebagai penyerang tengah tetap berada di kiri. Fernandes dipilih untuk mengisi pos lini serang dengan peran 'false 9'.

Fernandes memainkan peran itu bergantian dengan Eriksen. Fernandes dengan usaha dan tenaga yang besar, terus melakukan pressing ketika Man City melakukan build-up.

4 dari 6 halaman

Nomor 10

Manchester United - Bruno Fernandes (Bola.com/Adreanus Titus)

Pada menit ke-72, Ten Hag mengganti Eriksen dengan Garnacho. Ada perubahan stuktur di lini serang. Sebab, Garnacho dimainkan untuk peran winger kiri dan Rashford digeser menjadi penyerang tengah.

Fernandes? Menggantikan peran Eriksen sebagai 'Nomor 10'. Dari posisi inilah Fernandes kemudian mencetak gol. Fernandes berlari dari ruang di belakang gelandang Man City tanpa pengawalan yang berarti.

Menjelang akhir laga, ketika Ten Hag bermain dengan tiga bek tengah, peran Fernandes sejatinya agak disesuaikan lagi. Namun, situasinya tidak begitu signifikan.

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, 15/1/2023)

5 dari 6 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait