Perang Bintang Jadi Pelayan : Sang Raja Umpan di Liga Inggris Milik Siapa ?

oleh Choki Sihotang diperbarui 26 Jan 2023, 19:50 WIB
Jagoan Manchester United, Ryan Giggs (kanan) menjadi satu di antara pemain yang layak mendapat sebutan Raja Asis. (AP Photo/Adam Butler)

Bola.com, Jakarta - Akhir pekan kemarin, Manchester City pesta gol di Etihad Stadium. Kala menjamu Wolverhampton Wanderers, dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023, tim racikan Pep Guardiola menang telak tiga gol tanpa balas.

Erling Haaland, monster ber-KTP Norwegia itu lagi-lagi menjadi bintang permainan dengan hat-trick yang luar biasa. Sukses City meraup tiga angka tentunya tak lepas pula dari performa jenderal lapangan tengah mereka, Kevin De Bruyne.

Advertisement

Meski tak mencetak gol, namun De Bruyne merupakan aktor penting di balik gol pertama Haaland pada menit ke-40. De Bruyne-lah yang memberikan asis sehingga Haaland mencatatkan namanya di papan skor.

Berbekal tambahan asis tersebut, KDB mengukuhkan dirinya di daftar teratas pemberi asis terbanyak sementara Premier League musim ini. Pemain berkebangsaan Belgia tersebut sudah mengantongi 11 asis.

Bicara soal asis, ada konten menarik di bawah ini yang bakal memberi tambahan pengetahuan untuk kalian. Artikel ini disarikan dari Theanalyst.

 

2 dari 5 halaman

Asis Terbanyak di Liga Inggris?

Jawabannya adalah legenda Manchester United, Ryan Giggs. Dari total 632 penampilan, pemain asal Wales itu mengantongi 162 asis atau 51 lebih banyak dari pemain terbaik berikutnya, Cesc Fàbregas.

Dua pemain lainnya yang juga masuk daftar teratas adalah Wayne Rooney (103), Frank Lampard (102), Steven Gerrard (92), dan David Silva (93). Tak ada yang memungkiri, mereka adalah bintang besar dengan talenta komplet.

 

3 dari 5 halaman

Asis Terbanyak untuk Satu Klub?

Sukses mengoleksi 162 asis, belum ada yang mampu menyaingi Ryan Giggs. Legenda Setan Merah lainnya, yakni Wayne Rooney (93) dan David Beckham (80), berada di bawah Giggs.

Komponen tersebut membuat Ryan Giggs tak bisa diragukan lagi mendapatkan gelar sang raja. Meski ada beberapa kontroversi, Giggsy sanggup menempatkan dirinya sebagai pesepak bola bertitel legenda.

 

4 dari 5 halaman

Asis Terbanyak Satu Musim?

Kevin De Bruyne sukses membawa kemenangan untuk Man City saat menjamu Atletico Madrid pada leg pertama perempat final Liga Champions 2021/22, Rabu (06/04/2022) dini hari WIB. Satu-satunya gol atas nama dirinya tersebut menjadi modal penting bagi The Cityzens untuk leg kedua nanti. (AP/Dave Thompson)

Pada 2019/2020, Kevin De Bruyne mengakhiri penantian selama 17 tahun. Situasi itu terkai performa seseorang yang menyamai rekor fenomenal legenda Arsenal, Thierry Henry pada musim 2002/2003 (20).

Pada musim itu, De Bruyne sukses mengepak 13 gol dan 20 asis. Hanya saja, baik Henry maupun De Bruyne, sama-sama gagal memenangkan gelar.

Sumber: Theanalyst

5 dari 5 halaman

Siapa Duduk di Tempat Panas?

Berita Terkait