Liga Inggris : Jadi Ge-er Nih Mikel Arteta Dapat Kiriman Istimewa dari 5 Persona Hebat The Gunners

oleh Choki Sihotang diperbarui 27 Jan 2023, 21:00 WIB
Pemain Arsenal, Eddie Nketiah melakukan mencetak gol ketiga timnya ke gawang Manchester United pada laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023 yang berlangsung di Emirates Satdium, London, Minggu (23/01/2023). Arsenal berhasil menang dengan skor 3-2 atas Manchester United. (AFP/Glyn Kirk)

Bola.com, Jakarta - Arsenal masih berada di puncak klasemen sementara Liga Inggris 2022/2023. Mereka mengemas 50 poin, yang membuat The Gunners unggul lima angka dari Manchester City (45 poin).

Fans berharap, tim kesayangan bisa tampil konsisten hingga akhir musim. Gelar juara yang sudah sangat lama diidam-idamkan bisa jatuh ke dalam pelukan.

Advertisement

Sukses Arsenal tak tergoyahkan hingga pekan ke-19 tak lepas dari kerja keras sang pelatih, Mikel Arteta. Juru taktik asal Spanyol berusia 40 tahun itu merupakan sosok krusial di balik kebangkitan Meriam London musim ini.

Meski jalan ke singgasana juara masih panjang, dukungan terus mengalir kepada Arteta. Khususnya dari mantan pelatih serta legenda Arsenal. Berikut lima di antaranya, seperti dikutip dari Footballtransfers.

 

2 dari 7 halaman

Arsene Wenger

Arsene Wenger dan Mikel Arteta (kiri).

Mantan pembesut Arsenal ini sama sekali tak ragu dengan kemampuan Arteta sebagai nakhoda tim. Pelatih legendaris yang kini berusia 73 tahun itu menyanjung eks anak buahnya itu setinggi langit.

“Arteta sangat sadar akan nilai-nilai klub karena dia juga dididik di Arsenal. Dia adalah kapten tim saya," kata Wenger yang menukangi Arsenal dari 1986 hingga 2018.

“Secara keseluruhan, saya pikir dia telah melakukannya dengan baik," imbuh Wenger. Ia menambahkan, dirinya masih terus memantau perkembangan tim yang pernah dibesutnya.

“Saya masih berhubungan dengan mereka dan secara keseluruhan saya yakin mereka menuju ke arah yang benar. Arsenal adalah klub spesial dan memiliki nilai spesial," pungkasnya.

 

3 dari 7 halaman

Cesc Fabregas

Bukayo Saka. Gelandang Arsenal berusia 20 tahun ini menyumbang 1 gol dan 1 assist dalam kemenangan 3-1 atas Tottenham Hotspur. Musim ini adalah musim keempatnya bersama The Gunners dan total telah bermain dalam 96 laga di semua kompetisi dengan mencetak 13 gol. (AP/Frank Augstein)

Terkait kinerja Arteta musim ini, Fabregas kontan memberikan respons positif. “Dia telah melakukan pekerjaan yang fantastis,” ujarnya. Menurut sang legenda, dia serta mantan pemain Arsenal lainnya sering menonton ulang pertandingan Bukayo Saka dkk.

“Kami melihat bagaimana dia memberikan instruksi kepada pemain serta bagaimana dia memahami pemain," kata Fabregas.

Tak cukup sampai di situ, eks tukang gedor Arsenal dari 2003 hingga 2011 itu juga beberapa kali menyambangi Arteta ke tempat latihan. “Saya cukup beruntung berada di tempat latihan baru-baru ini. Semuanya telah banyak berubah, rasanya manajer tempat latihan adalah 95 persen Mikel yang telah mengubah semuanya. Persepsi klub telah berubah. Ada pesan positif di sekitar tempat latihan, fasilitas yang jauh lebih besar, perlengkapan yang lebih baik, lapangan," kata Fab.

 

4 dari 7 halaman

Thierry Henry

Striker Arsenal, Eddie Nketiah (tengah) berselebrasi setelah mencetak gol pembuka timnya ke gawang Manchester United pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di stadion Emirates di London, Minggu (22/1/2023). Di pertandingan ini, Nketiah mencetak dua gol pada menit ke 24 dan 90. (AP Photo/Ian Walton)

Tak mau ketinggalan, King Henry juga ikut angkat suara. "Penting untuk mengatakan kami memiliki tim. Penggemar Arsenal yang telah menunggu untuk bersaing. Bukan satu atau dua pemain, kami memiliki skuad kompetitif,” kata pencetak gol terbanyak sepanjang masa Arsenal itu.

Henry berharap Arteta sanggup mengembangkan anak asuhnya ke titik tertinggi. Setidaknya, kans terbuka menjadi jawara terus terjadi, dan berujung kebahagiaan.

 

5 dari 7 halaman

Patrick Vieira

Pemain Manchester United, Lisandro Martinez mencetak gol kedua timnya ke gawang Arsenal pada laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023 yang berlangsung di Emirates Satdium, London, Minggu (23/01/2023). (AP Photo/Ian Walton)

Vieira, legenda cemerlang Meriam London lainnya, tak kuasa menahan sanjungan. Dia tak merasa heran, karena sangat yakin kemampuan Arteta sebagai peramu strategi.

“Saya tidak terkejut dengan cara mereka bermain dan berkembang. Mereka memiliki skuad serta pelatih yang bagus," ujar Vieira.

 

6 dari 7 halaman

David Seaman

Seaman, kiper top sepanjang masa Arsenal, menganggap Arteta bisa menjalankan tugas dengan baik karena kaya pengalaman. Sang kiper menyanjung Arteta sebagai pemimpin dengan kreasi tinggi.

“Dia bermain untuk klub, dia menjadi kapten klub, jadi dia tahu cara kerja pelatih seperti apa,” kata Seaman, yang berjuang untuk Arsenal sangat lama, dari 1990 sampai 2003.

Sumber: Footballtransfers

7 dari 7 halaman

Arsenal Nyaman Banget

Berita Terkait