Gareth Bale dan 7 Pesepak Bola Top yang Banting Setir ke Olahraga Lain, Gokil Juga Hasilnya

oleh Suharno diperbarui 30 Jan 2023, 12:45 WIB
Pemain Kroasia, Ivan Perisic menyundul bola saat laga 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Jepang di Al Janoub Stadium, Senin (05/12/2022). (AP/Francisco Seco)

Bola.com, Jakarta - Mantan pesepak bola Real Madrid dan Tottenham Hotspur, Gareth Bale, bakal tampil bersama para pegolf profesional. Mereka bukan tampil di lapangan sepak bola tetapi di kompetisi golf PGA Tour, bulan depan.

Setelah bGareth Bale menggantung sepatu bolanya, dia kemudian beralih meraih tongkat golf. Beberapa pekan setelah pensiun dari sepak bola, Bale langsung ikut PGA Tour.

Advertisement

Bale akan melakukan tee off (pemukulan awal) di acara PGA Tour pertamanya, AT&T Pebble Beach Pro-Am. The Welshman akan menjadi salah satu dari sejumlah selebritas yang akan bergabung dengan para profesional di California.

Sebenarnya Bale bukan pesepak bola pertama yang beralih cabang olahraga. Sebelumnya ada pesepak bola yang juga beralih cabang olahraga, mulai dari hanya menyalurkan hobi hingga tampil bersama profesional.

Berikut tujuh pesepak bola yang berhasil saat banting setir cabang olahraga yang lain. Mari simak satu persatu daftarnya.

 

2 dari 8 halaman

1. Ivan Perisic (Bola Voli)

Ivan Perisic (kanan) berebut bola dengan pemain Manchester City, Rico Lewis dalam laga Premier League 2022/2023 antara Manchester City menghadapi Tottenham Hotspur di Etihad Stadium, Manchester (19/1/2023). Pemain tengah Krosia yang baru saja bergabung dengan Tottenham Hotspur pada awal musim 2022/2023 ini memiliki keahlian lain di cabor voli pantai. Pada 2017 bersama sang partner, Niksa Dellorco, ia sempat mengikuti rangkaian FIVB Beach Volleyball World Tour 2017 di Porec Major Tournament. (AP Photo/Dave Thompson)

Kurang dari satu tahun sebelum Ivan Perisic mengantar Kroasia mencapai final Piala Dunia pada 2018, ia melakukan debut bola voli profesionalnya. Perisic duet dengan Niksa Dell'orco untuk memperkuat Kroasia di Tur Voli Pantai Dunia FIVB Porec Major.

Namun, pada laga itu, Perisic kalah tiga set langsung. Meski demikian, dia mampu menunjukkan permainan hebatnya bersama Timnas sepak bola Kroasia serta kini bersama Tottenham Hotspur.

 

3 dari 8 halaman

2. Petr Cech (Hoki Es)

Petr Cech - Penjaga gawang legendaris Chelsea ini bertengger di posisi teratas sebagai raja clean sheets di Liga Inggris. Petr Cech mencatatkan penampilan luar biasa di bawah mistar gawang dengan 202 clean sheets. (AFP/Ian Kington)

Sebagai salah satu penjaga gawang terhebat yang pernah ada di Premier League, Petr Cech pensiun dari sepak bola setelah musim 2018/2019. Tidak butuh waktu lama baginya untuk mencelupkan jari kakinya ke olahraga lain, kali ini hoki es.

Cech bergabung dengan tim Liga Hoki Es Nasional Guildford Phoenix, sebagai penjaga gawang, tentu saja. "Setelah 20 tahun bermain sepak bola profesional, ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi saya untuk memainkan permainan yang saya suka tonton dan mainkan sebagai seorang anak," katanya.

 

4 dari 8 halaman

3. Paolo Maldini (Tenis)

2. Paolo Maldini (AC Milan) - Saat sang legenda memutuskan untuk pensiun, saat itu pula nomor tiga diistirahatkan. Persembahan 26 trofi untuk klub kota Milan itu membuat I Rossoneri layak memberikan penghormatan tinggi untuknya. (AFP/Emilio Andreoli)

Legenda AC Milan Paolo Maldini ternyata mahir bermain tenis. Kapten Rossonerri pada 1990-an ini juga berlaga dalam kejuaraan tenis Tur ATP.

Pada 2017, Maldini lolos ke turnamen tenis profesional, Piala Tenis Aspria, yang kebetulan berlangsung di Milan. Mitra Maldini di nomor ganda putra, Stefano Landonio, menyebut Maldini tidak memiliki kelemahan.

 

5 dari 8 halaman

4. Gabriel Batistuta (Polo)

Gabriel Batistuta ingin striker Inter Milan Mauro Icardi dipanggil Argentina. (AFP / DANIEL GARCIA)

Ikon Liga Italia Serie A yang juga legenda Fiorentina Gabriel Batistuta sering mengalami cedera di pengujung kariernya. Namun hal itu tidak membuat Batigol menghentikan niatnya bermain polo selepas gantung sepatu.

Batistuta mahir menunggang kuda bahkan melengkapinya dengan permainan polo pada 2009. Dia mencetak dua gol pada debutnya dan kurang dari setahun kemudian dia mengangkat Copa Stella Artois yang merupakan turnamen Polo.

 

6 dari 8 halaman

5. Tim Wiese (WWE)

4. Tim Wiese. Kiper yang sukses di Wolfsburg dalam rentang 2005-2009. Pensiun di Hoffenheim dan timnas Jerman pada 2014. Pada 2016, ia memulai debut profesional di cabang gulat WWE dengan tampil dalam WWE live event di Munich, 3 November 2016. (AFP/Christof Stache)

Tim Wiese sudah menggeluti gulat alias WWE saat masih aktif bermain di Bundesliga pada 2014. Dia membuat debut WWE-nya beberapa tahun kemudian di Munich sebagai bagian dari pertandingan tim enam orang.

Namun, Wiese tidak pernah berhasil masuk ke Raw atau Smackdown, dan meninggalkan olahraga ini pada 2017. Wiese kemudian kembali ke sepak bola untuk satu pertandingan dengan tim divisi delapan SSV Dillingen, tetapi dia kalah 2-1.

 

7 dari 8 halaman

6. Jerzy Dudek (Motorsport)

Jerzy Dudek. Eks kiper asal Polandia yang kini berusia 49 tahun dan telah pensiun bersama Real Madrid pada Juli 2011 ini pernah berseragam Liverpool selama 6 musim, mulai 2001/2002 hingga 2006/2007 usai didatangkan dari Feyenoord. Sementara Real Madrid diperkuatnya selama 4 musim usai meninggalkan Liverpool mulai 2007/2008 hingga ia pensiun pada 2010/2011. Bersama Liverpool ia total tampil dalam 186 laga dengan torehan 78 kali clean sheet dan kebobolan 177 gol. Sementara bersama Real Madrid ia hanya tampil dalam 12 laga dengan torehan 3 kali clean sheet dan kebobolan 18 gol. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Mantan kiper Liverpool, Jerzy Dudek, membuat jantung suporternya berdetak kencang saat adu penalti di Istanbul pada 2005. Kini, giliran dia yang memacu jantungnya saat beralih ke dunia motorsport.

"Saya membalap go-kart tetapi tentu saja, itu berhenti ketika saya menjadi pesepak bola profesional. Ketika saya berhenti dari sepak bola, saya juga merindukan adrenalin yang Anda dapatkan dari balap motor yang juga memberi saya banyak kegembiraan dan saya menyukainya," ujarnya.

 

8 dari 8 halaman

7. Rio Ferdinand (Tinju)

7. Rio Ferdinand - Pemain termahal yang pernah diboyong Sir Alex Ferguson ke Old Trafford adalah Rio Ferdinand. Benteng kokoh itu direkrut Setan Merah dari Leeds United pada musim panas 2002 dengan bandrol sebesar 41,4 juta pounds atau sekitar Rp784 miliar. (AFP/Lluis Gene)

Rio Ferdinand adalah salah satu pemain sepak bola Inggris yang begitu melegenda. Setelah gantung sepatu dari lapangan sepak bola, dia justru sering terlihat masuk ke ring tinju.

"Tinju adalah olahraga yang luar biasa untuk pikiran dan tubuh. Ini adalah tantangan yang tidak saya anggap enteng, jelas tidak semua orang bisa menjadi petinju profesional, tetapi dengan tim ahli dan dorongan dari diri sendiri semuanya mungkin," ujarnya.

Sumber: Daily Star

Berita Terkait