Foto: Termasuk Erling Haaland, Ini Dia Daftar Top Skor Piala Dunia U-20 dalam 5 Edisi Terakhir

oleh Hendriyan diperbarui 31 Jan 2023, 20:23 WIB
Selain gelar juara, penghargaan bergengsi dalam sebuah turnamen besar antar-negara baik di level senior maupun yunior adalah beberapa penghargaan individu, seperti pencetak gol terbanyak alias top skor. Seperti ajang Piala Dunia U-20 yang digelar tiap dua tahun sekali, tercatat beberapa nama telah dinobatkan sebagai pemain tertajam pada ajang Piala Dunia yunior tersebut. Berikut daftar 5 pemain yang menjadi top skor Piala Dunia U-20 dalam lima edisi terakhir. (AFP/Jorge Guerrero)
Henrique. Striker Brasil berusia 31 tahun yang sejak Januari 2022 memperkuat America Mineiro ini tercatat menjadi pencetak gol terbanyak pada Piala Dunia U-20 edisi 2011 di Kolombia. Ia bersanding dengan Alexandre Lacazette (Prancis) dan Alvaro Vazquez (Spanyol) yang masing-masing mencetak 5 gol sepanjang turnamen. Gelar juara diraih Brasil setelah menang 3-2 (2-2) melalui perpanjangan waktu. (AFP/Luis Robayo)
Ebenezer Assifuah. Striker Ghana berusia 29 tahun yang baru saja bergabung dengan Kedah Darul Aman FC di Liga Super Malaysia sejak 6 Januari 2023 ini tercatat menjadi pencetak gol terbanyak pada Piala Dunia U-20 edisi 2013 di Turki. Ia total mencetak 5 gol sepanjang turnamen. Gelar juara diraih Prancis setelah menang adu penalti 4-1 (0-0) atas Uruguay. (AFP/Behrouz Mehri)
Viktor Kovalenko. Gelandang serang Ukraina berusia 26 tahun yang sejak awal musim 2022/2023 membela Spezia di Serie A Liga Italia ini tercatat menjadi pencetak gol terbanyak pada Piala Dunia U-20 edisi 2015 di Selandia Baru. Ia bersanding dengan Bence Mervo (Hongaria) yang masing-masing mencetak 5 gol sepanjang turnamen. Penghargaan Golden Boot akhirnya jatuh ke tangan Viktor Kovalenko yang unggul dalam jumlah assist atas Bence Mervo yang akhirnya meraih penghargaan Silver Boot. Gelar juara diraih Serbia setelah menang 2-1 (1-1) atas Brasil lewat perpanjangan waktu di laga final. (AFP/Michael Bradley)
Riccardo Orsolini. Sayap kanan Italia berusia 26 tahun yang sejak awal musim 2019/2020 memmperkuat Bologna ini tercatat menjadi pencetak gol terbanyak pada Piala Dunia U-20 edisi 2017 di Korea Selatan. Ia total mencetak 5 gol sepanjang turnamen dan berhak atas penghargaan Golden Boot. Gelar juara diraih Inggris setelah menang 1-0 atas Veneezuela di laga final. (AFP/Jung Yeon-je)
Erling Haaland. Striker Norwegia berusia 22 tahun yang sejak awal musim 2022/2023 memmperkuat Manchester City ini tercatat menjadi pencetak gol terbanyak pada Piala Dunia U-20 edisi 2019 di Polandia. Ia total mencetak 9 gol sepanjang turnamen dan berhak atas penghargaan Golden Boot. Gelar juara diraih Ukraina setelah menang 3-1 atas Korea Selatan di laga final. (AFP/NTB/Stian Lysberg Solum)

Berita Terkait