Dongeng Indah Enzo Fernandez, Pemain Baru Chelsea : Baru 22 Tahun, Juarai Piala Dunia dan Pecahkan Rekor Transfer Inggris

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 01 Feb 2023, 08:41 WIB
Gelandang Argentina, Enzo Fernandez berselebrasi setelahmencetak gol ke gawang Meksiko selama pertandingan grup C Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Minggu 27 November 2022. Dengan kemenangan atas Meksiko ini, Lionel Messi cs masih berpeluang besar untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. (AP Photo/Moises Castillo)

Bola.com, London - Chelsea memecahkan rekor transfer termahal di Inggris dengan memboyong Enzo Fernandez dari Benfica pada hari terakhir bursa transfer Januari 2023, Rabu (1/2/2023) pagi WIB. Kesepakatan itu bernilai 106 juta poundsterling atau setara Rp1,9 triliun. 

Chelsea merampungkan megatransfer itu pada Rabu dini hari waktu setempat setelah negosiasi gila-gilaan pada deadline day. 

Advertisement

Bagi Enzo Fernandez, kepindahan ini menjadi lonjakan karier yang luar biasa. Hanya dalam waktu singkat, dia menjelma dari seorang wonderkid di Argentina menjadi pemain termahal di Inggris. 

Menengok ke belakang, perjalanan karier Fernandez memang bak dongeng indah. Dalam usia 22 tahun dia telah mencicipi banyak momen fantastis. 

Mau tahu seperti apa perjalanan karier fantatistis pemain baru Chelsea, Enzo Fernandez

 

2 dari 7 halaman

Bersinar Berkat Kejelian Hernan Crespo

Gelandang Argentina, Enzo Fernandez (kiri) berebut bola dengan gelandang Belanda, Frenkie De Jong selama pertandingan perempat final Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Lusail, utara Doha pada 9 Desember 2022. Jika transfer ini terealisasi maka Fernandez akan memecahkan rekor transfer termahal di Inggris. (AFP/FRANCK FIFE)

Enzo Fernandez tercatat menjalani debutnya pada 2019, alias empat tahun lalu, bersama klub raksasa Argentina, River Plate.

Mantan bintang Chelsea, Hernan Crespo, yang menyetir karier Fernandez ke arah yang benar, sepanjang peminjaman satu musim di Defensa y Justicia.

Menyadari kemampuan Fernandez  dalam penguasaan bola, yang menawarkan energi tak terbatas dan kecerdasan taktis, Crespo memaksimalkan bakatnya sebagai gelandang bertahan tunggal.

Dia kemudian menjadi pemain kunci untuk Defensa y Justicia, yang menikmati musim yang fantastis. Mereka menjuarai Copa Sudamericana dan Recopa Sudamericana berturut-turut. Fernandez menjadi roda penggerak penting dalam kesuksesan tersebut.

Dia kembali ke River dengan penuh percaya diri.

 

 

3 dari 7 halaman

Menggila Bersama River Plate

Pada musim 2021/2022, berkat tangan dingin pelatih Marcelo Gallardo, Enzo Fernandez kembali ke tim utama River Plate. Dia dengan cepat menjadi starter, serta berkontribusi luar biasa. 

Dia tercatat menyumbangkan delapan gol dan enam assist dalam 19 pertandingan. 

Bagi banyak orang pada musim itu, dia adalah pesepak bola terbaik di Argentina. Ada desas-desus besar tentang potensinya.

Klub-klub top Eropa mendekat, tetapi raksasa Portugal Benfica  yang bergerak lebih dulu.

 

4 dari 7 halaman

Pujaan Fans Benfica

Enzo Fernandez. Pemain teranyar yang baru saja didatangkan Chelsea dari Benfica adalah Enzo Fernandez yang berstatus juara Piala Dunia 2022 bersama Argentina dan meraih penghargaan individual sebagai pemain muda terbaik urnamen. Chelsea harus mengeluarkan biaya sebesar 120 juta euro untuk mendatangkan pemain yang baru setengah musim memperkuat Benfica tersebut.(AFP/Vincenzo Pinto)

Benfica memboyong Enzo Fernandez dengan mahar 12 juta pounds pada musim panas 2022. Dia mendapatkan nomor 13 di Benfica, yang pernah dipakai legenda Portugal, Eusebio, pada periode 1960-an, dan selama ini tidak pernah diberikan kepada siapa pun. 

Fernandez membayar cepat kepercayaan itu dan menjadi pujaan fans Benfica. Dia menjadi hadiah yang sempurna untuk Benfica, yang tak terkalahkan dalam 28 pertandingan di seluruh kompetisi musim ini.

Benfica bahkan mengungguli PSG pada fase grup Liga Champions. Mereka finis di atas PSG, yang diperkuat Lionel Messi, rekan setim Fernandez di Timnas Argentina.  

Sebelum jeda Piala Dunia, Fernandez dinobatkan sebagai Gelandang Terbaik Liga Primeira Bulan Ini untuk ketiga bulan berturut-turut.

 

5 dari 7 halaman

Trofi Piala Dunia 2022

Enzo Fernandez. Gelandang bertahan berusia 21 tahun milik Benfica yang dinobatkan sebagai pemain muda terbaik seiring Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 ini kini menjadi incaran banyak klub raksasa Eropa. Pemain yang selalu tampil dalam 7 laga Argentina di Piala Dunia 2022 dengan menyumbang 1 gol dan 1 assist ini diminati Liverpool, MU hingga PSG. Namun tawaran Liverpool senilai 100 juta euro telah ditolak Benfica, sehingga tinggal MU dan PSG yang masih berpeluang memboyongnya di bursa transfer Januari 2023. (AFP/Franck Fife)

Fernandez baru menjalani laga debutnya untuk Argentina pada September 2022. Dia akhirnya mewujudkan mimpi bermain bersama pemain pujaannya, Lionel Messi.

Fernandez tambah bersuka cita karena Messi menjulukinya bocah spektakuler. Kedua pemain bahu membahu mengantar Argentina meraih kejayaan di Piala Dunia 2022.  

Salah satu performa paling gemilang Fernandez adalah pada pertandingan terakhir fase grup kontra Meksiko. Dia masuk sebagai pengganti dan menyumbangkan gol indah, yang membantu Argentina menang 2-0. 

Dia tercatat membukukan 22 tekel sukses sepanjang Piala Dunia 2022, yang hanya bisa disamai Mateo Kovacic dan Achraf Hakimi. Dia juga tampil mengesankan saat final, yang berujung meraih trofi Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2022. 

 

 

6 dari 7 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait