Foto: Jadi Pilihan Utama di Liga Inggris, 5 Kiper Berikut Nyatanya Tak Memakai Nomor Punggung 1 Bersama Klubnya

oleh Hendriyan diperbarui 01 Feb 2023, 13:03 WIB
Dalam sebuah tim, pemilihan nomor punggung biasanya identik dengan posisi sang pemain sekaligus perannya di tim apakah tergolong pemain utama atau pelapis. Semakin kecil nomor yang digunakan, yaitu antara nomor 1 hingga 11 tentu bermakna bahwa sang pemain adalah tergolong sebagai pemain utama. Seperti di posisi kiper atau penjaga gawang, lazimnya seorang kiper utama akan mengenakan jersey bernomor punggung 1. Namun dengan beberapa pertimbangan, 5 kiper utama di Liga Inggris berikut nyatanya memilih tak mengenakan jersey bernomor punggung 1. Siapa saja? Berikut daftar kelimanya. (AFP/Oli Scarff)
Ederson. Sejak kedatangannya di Manchester City pada awal musim 2017/2018, kiper asal Brasil ini langsung menggeser posisi Claudio Bravo sebagai kiper utama. Ederson yang di awal kedatangannya memilih mengenakan jersey bernomor punggung 31 tetap tak mengambil alih nomor punggung 1 milik Claudio Bravo saat sang pemain hengkang dari The Citizens pada awal musim 2020/2021. Sejak itu pula nomor punggung 1 menjadi tak bertuan dalam skuad Manchester City hingga kini. (AP Photo/Dave Thompson)
Vicente Guaita. Sejak kedatangannya di Crystal Palace pada awal musim 2018/2019, kiper asal Spanyol yang kini berusia 36 tahun yang awalnya mengenakan jersey bernomor 31 ini langsung menggeser posisi Wayne Hennessey sebagai kiper utama yang saat itu mengenakan jersey bernomor 13. Hingga akhirnya sejak musim 2021/2022 Vicente Guaita mengambil alih nomor punggung 13 milik Wayne Hennessey saat sang pemain memutuskan hijrah ke Burnley. (AFP/Ben Stansall)
Bernd Leno. Baru bergabung dengan Fulham pada awal musim 2022/2023 setelah didatangkan dari Arsenal, kiper asal Jerman berusia 30 tahun ini langsung mendapatkan tempat utama menggeser posisi Marek Rodak. Bernd Leno memilih mengenakan jersey bernomor 17, sementara nomor punggung 1 masih menjadi milik Marek Rodak yang turun kasta menjadi kiper nomor dua. (AFP/Glyn Kirk)
Gavin Bazunu. Baru bergabung dengan Southampton pada awal musim 2022/2023 setelah didatangkan dari tim U-21 Manchester City, kiper asal Irlandia berusia 20 tahun ini langsung mendapatkan tempat utama menggeser dua kiper sekaligus Alex McCarthy dan Fraser Forster. Gavin Bazunu memilih mengenakan jesrsey bernnomor 31, sementara nomor punggung 1 masih menjadi milik Alex McCarthy yang harus rela turun pangkat menjadi kiper nomor dua. (AFP/Paul Ellis)
Nick Pope. Baru bergabung dengan Newcastle United pada awal musim 2022/2023 setelah didatangkan dari Burnley, kiper asal Inggris berusia 30 tahun yang menjadi salah satu aktor kegemilangan The Magpies musim ini, langsung mendapatkan tempat utama menggeser Martin Dubravka yang akhirnya dipinjamkan selama setengah musim ke MU. Nick Pope memilih mengenakan jersey bernomor 22, sementara nomor punggung 1 masih menjadi milik Martin Dubravka yang akhirnya bergabung kembali setelah masa peminjaman dari MU. (AFP/Nigel Roddis)

Berita Terkait