Finansial Terancam Goyang, 5 Pemain Ini Mungkin Dijual Barcelona Musim Depan

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 25 Feb 2023, 07:45 WIB
Barcelona - Ilustrasi bintang-bintang Barcelona (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Barcelona sepertinya akan sangat sibuk pada bursa transfer musim panas 2023 mendatang. Mereka berencana menjual lima pemainnya untuk menyeimbangkan neraca keuangan.

Barcelona tampil cukup bagus di ajang Liga Spanyol pada musim ini. Klub asuhan Xavi Hernandez itu mampu bertengger di puncak klasemen dengan keunggulan delapan poin dari Real Madrid.

Advertisement

Meski begitu, Barcelona tidak mau terlena. Blaugrana ingin terus meningkatkan kekuatan skuadnya pada bursa transfer musim panas mendatang.

Barcelona ingin mendatangkan pemain baru. Tetapi pada saat yang sama, Blaugrana juga harus mematuhi aturan Financial Fair Play di La Liga.

Barcelona diyakini perlu mengurangi 200 juta euro dari anggaran gaji. Salah satu solusinya adalah melepas beberapa pemainnya pada musim panas mendatang.

Berikut ini lima pemain yang bisa dijual Barcelona.

2 dari 7 halaman

Eric Garcia

Bek Barcelona, Eric Garcia, merayakan gol kelima timnya versu AD Ceuta pada 16 besar Copa del Rey di Stadion Alfonso Murube, Jumat (20/1/2023) dini hari WIB. (AFP/Jorge Guerrero)

Barcelona mendapatkan Eric Garcia dari Manchester City pada 2021 dengan status bebas transfer. Namun, bek asal Spanyol itu tidak menjadi pilihan utama di lini belakang Blaugrana.

Garcia tidak menunjukkan performa yang diharapkan dari pelatih Xavi Hernandez. Alhasil, sang pemain kini harus mengalahkan kepada Jules Kounde, Ronaldo Araujo dan Andreas Christensen.

Karena itu, Barcelona mungkin bisa mempertimbangkan untuk menjual Garcia di musim panas mendatang. Apalagi, Barca kabarnya ingin mendatangkan bek tengah lainnya seperti Inigo Martinez dan Juan Foyth.

3 dari 7 halaman

Ferran Torres

Pemain Ceuta, Juan Gutierrez, berebut bola dengan pemain Barcelona, Ferran Torres, pada laga Copa del Rey di Stadion Alfonso Murube (19/1/2023). Bertanding di Stadion Alfonso Murube pada Jumat (20/1/2023), Barcelona sukses menumbangkan Ceuta dengan skor 5-0. (AP Photo/Antonio Sempere)

Masa depan Ferran Torres kerap dipertanyakan belakangan ini. Pasalnya dia kesulitan mendapat jatah bermain secara reguler sebagai starter di Barcelona.

Musim ini Torres sudah bermain sebanyak 29 kali di semua ajang kompetisi. Akan tetapi pemain berusia 22 tahun itu baru 10 kali dipercaya menjadi starter.

Kontribusi Torres juga tidak banyak setelah hanya mencetak dua gol di pentas La Liga. Barcelona bisa menjual Torres di musim panas dan sang pemain sepertinya tidak akan kekurangan peminat.

4 dari 7 halaman

Jordi Alba

Pemain baru Barcelona Marcos Alonso berpose untuk foto saat diperkenalkan secara resmi menjelang Liga Champions kontra Viktoria Plzen di Ciudad Deportiva dekat Barcelona pada 6 September 2022. Alonso hadir untuk memperkuat sisi kiri pertahanan Barcelona yang sebelumya sudah diisi oleh Alejandro Balde dan Jordi Alba. (Photo by Josep LAGO / AFP)

Jordi Alba merupakan salah satu pemain senior di skuad Barcelona saat ini. Dia telah memainkan 450 pertandingan untuk Blaugrana dan memenangkan banyak gelar.

Namun, menit bermain Alba di Barcelona saat ini sudah mulai berkurang. Pemain berusia 33 tahun tersebut mulai kalah saing dari Alejandro Balde yang baru berusia 19 tahun.

Kontrak Alba bersama Barcelona akan berakhir pada 2024 mendatang. Hal itu bisa meyakinkan Blaugrana untuk menjualnya pada musim panas mendatang.

5 dari 7 halaman

Raphinha

Pemain Barcelona, Raphinha bersitegang dengan pemain Manchester United, Wour Weghorst dalam pertandingan leg pertama play-off babak gugur Liga Europa 2022/2023 yang berlangsung di Camp Nou, Jumat (17/2/2023). (AP Photo/Joan Monfort)

Performa Raphinha bersama Barcelona tidak terlihat konsisten. Hal itu membuat sang pemain tidak menjadi pilihan utama di bawah asuhan Xavi Hernandez setelah didatangkan dari Leeds United.

Cedera yang dialami Ousmane Dembele membuat Raphinha mendapat banyak kesempatan bermain. Namun, pemain asal Brasil tersebut tidak selalu menunjukkan performa yang bagus.

Raphinha mencetak empat gol dari 21 penampilan di ajang La Liga. Barcelona mungkin tidak akan menahannya apabila ada tawaran yang bagus pada musim panas mendatang.

6 dari 7 halaman

Franck Kessie

Gelandang Barcelona, Franck Kessie (kanan), terjatuh usai ditekel oleh pemain Pumas Unam, Arturo Ortiz, dalam laga bertajuk Trofeo Joan Gamper, Minggu (7/8/2022) malam waktu setempat. (AP Photo/Joan Monfort)

Franck Kessie berpeluang besar meninggalkan Barcelona pada akhir musim nanti. Pasalnya, gelandang asal Pantai Gading tersebut tidak sering bermain di tim utama.

Kessie bahkan hampir meninggalkan Barcelona pada bursa transfer musim dingin kemarin. Akan tetapi, kepindahannya dari Camp Nou tidak terwujud.

Sejauh ini, Kessie hanya menjadi starter 10 kali dari 27 pertandingan. Setelah tak mampu memenangkan hati Xavi Hernandez, Kessie kemungkinan besar akan dilepas pada musim panas nanti.

Sumber: Barca Universal

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, 24/2/2023)

7 dari 7 halaman

Posisi Barcelona Saat Ini

Berita Terkait