3 Fakta yang Bisa Mengganjal Peluang Barcelona Menjadi Juara Liga Spanyol 2022 / 2023: Ada Ancaman Real Madrid

oleh Hery Kurniawan diperbarui 27 Feb 2023, 19:00 WIB
Barcelona - Ilustrasi bintang-bintang Barcelona (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Barcelona - Barcelona masih memimpin klasemen sementara Liga Spanyol 2022/2023. Tim asuhan Xavi Hernandez saat ini unggul delapan poin dari Real Madrid yang ada di posisi kedua.

Jarak poin tersebut sebenarnya cukup aman bagi Barcelona. Mereka masih diunggulkan untuk meraih gelar juara La Liga musim ini.

Advertisement

Namun, para pendukung setia Barcelona layak khawatir. Permainan Robert Lewandowski dan kawan-kawan belakangan ini cukup buruk.

Apalagi La Liga musim 2022/2023 masih cukup panjang. Kompetisi sepak bola level teratas di Spanyol itu masih menyisakan 15 pekan lagi.

Barcelona bisa saja kembali kehilangan gelar di La Liga musim ini. Terutama jika tiga faktor di bawah ini tak bisa diantisipasi.

2 dari 5 halaman

Mental Juara Belum Terbentuk

Pemain Manchester United, Bruno Fernandes (kanan) melanggar pemain Barcelona, Alejandro Balde yang membuahkan hadiah penalti Barcelona dalam pertandingan leg kedua play-off babak gugur Liga Europa 2022/2023 yang berlangsung di Old Trafford, Jumat (24/2/2023) WIB. (AP Photo/Dave Thompson)

Barcelona sudah cukup lama puasa gelar di ajang La Liga. Terakhir kali mereka mendapatkan gelar di ajang itu yakni pada musim 2018/2019.

Saat itu, Lionel Messi dan Luis Suarez masih menjadi andalan di lini depan. Ivan Rakitic dan Gerard Pique juga masih dalam performa yang prima.

Barcelona belum memiliki mental juara yang sama levelnya dengan tim di musim tersebut. Terbukti, mereka belum bisa bangkit dari kekalahan di kandang Manchester United pada ajang Liga Europa.

Senin (27/2/2023) dini hari WIB, Barcelona kembali menelan kekalahan. Kali ini dari penghuni papan bawah La Liga, Almeria.

3 dari 5 halaman

Badai Cedera

Pedri memberi kabar buruk buat Barcelona usai pertandingan melawan MU di Liga Europa (AFP)

Barcelona kerap dilanda badai cedera di musim ini. Dua bek tengah andalan, Ronald Araujo dan Andreas Christensen sempat absen lama karena cedera.

Belakangan ada tiga pemain kunci yang harus menepi. Tiga pemain tersebut adalah Pedri, Ansu Fati dan Ousmane Dembele.

Kehilangan Ansu Fati mungkin tidak terlalu berdampak signifikan bagi Barcelona. Namun, kehilangan Pedri dan Dembele bisa menimbulkan cerita yang lain.

Dua pemain itu benar-benar menjadi kunci permainan Barcelona di musim ini. Keduanya menjadi pelayan utama bagi Robert Lewandowski.

4 dari 5 halaman

Ancaman dari Real Madrid

Eder Militao dari Real Madrid, kiri, merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya selama Liga Champions, babak 16 besar, pertandingan sepak bola leg pertama antara Liverpool dan Real Madrid di stadion Anfield di Liverpool, Inggris, Selasa, 21 Februari 2023. ( Foto AP/Jon Super)

Real Madrid tetap menjadi pesaing utama Barcelona dalam perburuan gelar juara La Liga musim ini. Perlahan Madrid terus mendekati Barca di tabel klasemen.

Real Madrid saat ini tertinggal tujuh poin dari Barcelona yang ada di puncak klasemen. Jika Barca tak waspada, jarak itu bisa semakin dekat.

Tim asuhan Carlo Ancelotti belakangan ini menunjukkan mental bertanding yang bagus. Mereka mengalahkan Liverpool dengan skor 5-2 di Anfield pada ajnag Liga Champions.Mental itu bisa saja terbawa di ajang La Liga.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Berita Terkait