4 Negara Lolos Perempat Final Piala Asia U-20 2023: Vietnam dan Timnas Indonesia U-20 Tersingkir, ASEAN Absen

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 07 Mar 2023, 23:25 WIB
Hasil negatif diraih Timnas Indonesia U-20 pada matchday pertama Piala Asia U-20 2023 di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023). Garuda Muda harus takluk 0-2 dari Irak yang merupakan pemegang lima gelar juara Piala Asia U-20. Kekalahan ini sangat disayangkan karena Hokky Caraka dkk sejatinya memiliki peluang untuk memenangkan pertandingan. Beberapa peluang matang gagal dikonversi menjadi gol di awal babak pertama. Bahkan sejak akhir babak pertama pasukan Shin Tae-yong diuntungkan dengan diusirnya satu pemain Irak akibat terkena kartu merah langsung dari wasit. Dua gol kemenangan Irak dicetak oleh Hayder Abdulkareem Tofee pada menit ke-28 dan Mohammed Jameel Al-Hasani pada masa injury time babak kedua. (the-afc.com)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam gagal lolos ke fase gugur Piala Asia U-20 2023. Sudah ada empat negara yang dipastikan maju, dan pada edisi kali ini, ASEAN absen kirimkan wakil ke perempat final.

Timnas Indonesia U-20 mengusung laga wajib menang pada pertandingan ini. Sebab, itulah syarat untuk lolos ke fase gugur, seraya berharap Irak kalah dari Suriah atau minimal imbang.

Advertisement

Irak sebetulnya ditahan imbang Suriah pada laga yang berlangsung hampir bersamaan. Sayang, Timnas Indonesia U-20 gagal menyarangkan satu gol pun ke gawang Uzbekistan.

Hasil imbang 0-0 menempatkan Timnas Indonesia U-20 di posisi ketiga Grup A Piala Asia U-20 2023. Sementara Uzbekistan dan Irak berhasil lolos masing-masing sebagai juara grup dan runner-up.

2 dari 3 halaman

Vietnam Apes

Vietnam tersingkir dari Piala Asia U-20 2023 setelah menelan kekalahan 1-3 dari Iran. (AFC)

Kegagalan Vietnam menembus perempat Piala Asia U-20 2023 cukup mengejutkan. Sebab, mereka sempat memetik dua kemenangan, satu di antaranya melawan Australia.

Pada laga kedua, Vietnam kembali menghajar peserta Grup B lainnya, Qatar. Nguyen Van Truong memberikan tiga poin berharga berkat golnya menit 90' yang memastikan kemenangan tipis 2-1.

Sayang, wakil ASEAN ini harus memutus asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia U-20 2023 setelah pada laga pemungkas Grup B takluk 1-3 dari Iran. Pada laga lainnya, Australia menang telak 9-1 atas Qatar.

Dengan begitu, Iran dan Australia berhak melaju ke babak berikutnya karena menang head to head dalam klasemen mini.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos 16 Besar Piala Asia U-20 2023

Grup A

  • Uzbekistan
  • Irak

Grup B

  • Iran
  • Australia

Berita Terkait