Liga Spanyol: Barcelona Dituduh Menyuap Komite Wasit Selama 17 Tahun, Real Madrid Siap Bantu Penyelesaian Hukum

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 13 Mar 2023, 05:45 WIB
Para pemain Barcelona merayakan gol bunuh diri bek Real Madrid, Eder Militao pada leg pertama semifinal Copa Del Rey 2022/2023< Jumat (3/3/2023) dni hari WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Bola.com, Jakarta - Raksasa Liga Sanyol, Real Madrid menyampaikan rasa prihatin mereka terhadap dakwaan kepada sang rival, Barcelona atas dugaan kasus korupsi dan penyuapan wasit. Los Blancos siap ikut andil dalam proses penyelesaian hukum.

Seperti diberitakan sebelumnya, baru-baru ini ada temuan menarik mencuat di Spanyol. Barcelona diketahui membayar sekitar 8,4 juta Euro kepada komite wasit Spanyol, Jose Maria Enrique Negreira dari 2001 hingga 2018.

Advertisement

Tindakan tersebut membuat geger sepak bola Spanyol. Banyak pihak mendesak La Liga untuk memberikan hukuman yang berat kepada tim asal Catalunya tersebut.

Baru-baru ini, Kejaksaan Spanyol memberikan dakwaan kepada Barcelona. Mereka menyebut Barcelona telah melakukan pelanggaran penyuapan terhadap komite wasit.

2 dari 5 halaman

Sikap Real Madrid

Real Madrid. Hingga pekan ke-15 Liga Spanyol 2022/2023, Barcelona masih memimpin klasemen dengan 38 poin, hasil dari 12 kali menang, 2 kali imbang dan 1 kali kalah. Satu-satunya kekalahan Blaugrana diderita dari musuh bebuyutan mereka, Real Madrid pada pekan ke-9 (16/10/2022) dalam laga El Clasico. Saat itu Los Blancos sukses menang 3-1 di Santiago Bernabeu lewat gol-gol dari Karim benzema, Federico Valverde dan Rodrygo. Satu-satunya gol Barcelona dicetak Ferran Torres. (AFP/Thomas Coex)

Real Madrid pun kini ikut menegaskan sikap mereka terkait kasus ini. Sikap ini diambil setelah Dewan Direksi mereka menggelar rapat pada Minggu (12/3/2023) hari ini.

"Dalam pertemuan mereka yang diadakan hari ini, Dewan Direksi Real Madrid CF telah meninjau tuduhan serius yang diajukan oleh Kejaksaan Barcelona terhadap FC Barcelona, ​​dua mantan presidennya, Josep Maria Bartomeu dan Sandro Rosell, dan eksekutif Albert Soler dan Oscar Grau, di dasar dugaan pelanggaran korupsi dalam olahraga, antara lain, semua terkait dengan hubungan klub dengan mantan Wakil Presiden Komite Wasit Teknis (CTA), Jose Maria Enriquez Negreira," bunyi pernyataan resmi Real Madrid.

"Real Madrid ingin menyampaikan rasa prihatin yang sebesar-besarnya mengenai beratnya fakta dan menegaskan kembali kepercayaannya pada sistem hukum. Klub telah setuju bahwa, untuk membela hak-hak yang sah, akan hadir di persidangan saat hakim membukanya untuk pihak-pihak yang terkena dampak."

3 dari 5 halaman

Dipersilahkan Ajukan Banding

Selebrasi pemain Barcelona, Raphinha (kanan) bersama rekannya setelah memenangkan pertandingan pekan ke-20 La Liga 2022/2023 melawan Sevilla yang berlangsung di Camp Nou, Senin (6//2/2023). (AP Photo/Joan Monfort)

Sementara itu, menurut laporan yang beredar di Spanyol, Barcelona dipersilakan untuk membela diri untuk dakwaan tersebut.

Mereka diminta untuk membuktikan bahwa mereka tidak melakukan tindakan suap seperti yang dituduhkan.

Pihak La Liga juga menyiapkan investigasi internal untuk mengetahui dugaan suap yang dilakukan Barcelona. Bahkan Presiden La Liga, Javier Tebas meminta Joan Laporta untuk mundur dari kursi Presiden Barcelona jika ia tidak mampu menjelaskan transaksi mencurigakan itu.

4 dari 5 halaman

Bantahan Joan Laporta

Beberapa waktu yang lalu, Laporta secara terbuka membantah tuduhan bahwa timnya menyuap wasit dalam kurun waktu tersebut.

Ia menyebut bahwa pembayaran kepada Jose Maria Enriquez Negreira itu merupakan pembayaran untuk konsultan teknikal untuk membantu tim pelatih mendapatkan informasi terkait pertandingan.

Sumber: Real Madrid CF

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, 12/3/2023)

5 dari 5 halaman

Persaingan di Liga Spanyol

Berita Terkait