Foto: Sepak Bola Jarak Dekat, Tarkam Selalu Memikat

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 15 Mar 2023, 18:23 WIB
Pertandingan Tarkam atau antar kampung selalu mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pecinta sepak bola tanah air. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Penonton bahkan sampai tumpah ruah hingga ke batas lapangan saat menyaksikan tim kampungnya bermain. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pesepak bola profesional Asri Akbar tampak ramah melayani permintaan fans yang meminta sang pemain untuk menggendong anaknya. Tarkam membuat warga mempunyai kesempatan melihat lebih dekat para pemain yang biasa dilihat di layar kaca kini bisa langsung berada dihadapannya. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Sejumlah anak asik duduk di depan papan skor pertandingan tarkam di Lapangan Latus Jaya, Kedaung, Pamulang, Minggu (12/3/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pemain Kecamatan Ciputat FC, Muhammad Roby, menyundul bola saat melawan Denis FC di Lapangan Latus Jaya, Kedaung, Pamulang, Minggu (12/3/2023). Terhentinya Liga 2 membuat mantan pemain Timnas Indonesia yang kini berseragam Persiba Balikpapan ini ikut bermain tarkam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Seorang anak digendong bapaknya tampak serius menyaksikan pertandingan antara Ad-Sya FC melawan Dejan FC di Lapangan Latus Jaya, Kedaung, Pamulang. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Setelah babak pertama selesai, anak-anak akan masuk ke lapangan dan menghampiri pemain idolanya. Sepak bola Tarkam juga merupakan ajang mencari bibit-bibit baru untuk menjadi pesepak bola profesional. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pemain Kecamatan Ciputat tampak kesulitan melakukan lemparan ke dalam karena penonton yang tumpah ruah di pinggir lapangan. Ini juga merupakan salah satu ciri khas tarkam, penonton bisa begitu dekat meyaksikan pertandingan hingga masuk area lapangan pertandingan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Panitia tampak sibuk mengamati layar live streaming final antara Kecamatan Ciputat FC melawan Denis FC di Lapangan Latus Jaya, Kedaung, Pamulang. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Penonton membeli tiket untuk menyaksikan pertandingan tarkam di Lapangan Latus Jaya, Kedaung, Pamulang, Minggu (12/3/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pertandingan Tarkam juga membawa berkah bagi warga sekitar untuk mengais rejeki. Mereka memanfaatkan momen tersebut untuk berdagang. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Permainan keras juga menjadi salah satu ciri khas dari pertandingan sepak bola tarkam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Sejumlah suporter melakukan protes karena tak puas dengan keputusan wasit setelah pertandingan antara Kecamatan Ciputat FC melawan Denis FC di Lapangan Latus Jaya, Kedaung, Pamulang, Minggu (12/3/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Dua mantan pemain Persija Jakarta, Muhammad Roby dan Amarzukih asyik berdiskusi saat ambil bagian pada pertandingan tarkam di Lapangan Latus Jaya, Kedaung, Pamulang, Minggu (12/3/2023). Tarkam juga terbukti bisa menjadi ajang mencari bibit-bibit baru pesepak bola profesional. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Berita Terkait