Liga Inggris: Erling Haaland Mendadak Dicoret dari TC Timnas Norwegia

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 21 Mar 2023, 20:45 WIB
Aksi striker Norwegia, Erling Haaland saat menghadapi Slovenia dalam laga UEFA Nations League di Oslo, Norwegia (9/6/2022). Meski tak meraih juara pada Piala Dunia U-20 edisi 2019 di Polandia, namun torehan 9 golnya saat Norwegia menang 12-0 atas Honduras sungguh luar biasa. (AFP/NTB/Javad Parsa)

Bola.com, Jakarta - Erling Haaland mendadak dicoret dari training camp (TC) Timnas Norwegia jelang FIFA Matchday. Sang striker dipulangkan ke Manchester City.

Striker berusia 22 tahun itu menampilkan performa gemilang di Liga Inggris sepanjang musim ini. Di semua kompetisi, Erling Haaland bahkan sudah mencatatkan 42 gol.

Advertisement

Performa impresif Haaland tentu diharapkan tertular pada Kualifikasi Euro 2024 dengan Norwegia. Namun harapan tersebut terkikis setelah eks RB Salzburg dan Borussia Dortmund itu dicoret dari TC.

Dinukil dari Goal International, Erling Haaland dikembalikan Timnas Norwegia ke Man City karena mengalami cedera.

 

2 dari 5 halaman

Keterangan Tim Medis Norwegia

Erling Haaland berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu striker terbaik Eropa di usianya yang masih menginjak 21 tahun. Sayangnya, penyerang andalan Dortmund itu tak bisa membuktikan kemampuannya di Piala Dunia 2022 usai Norwegia gagal mentas dari fase grup. (AFP/Jorge Guerrero)

Dokter Timnas Norwegia, Ola Sand, mengatakan kalau cedera yang dialami Erling Haaland didapat pada Sabtu akhir pekan kemarin. Hasil tes menyebutkan tak mungkin sang striker bisa bermain pekan ini.

"Kami berharap cederanya ringan, tetapi setelah dilakukan tes kemarin, terlihat bahwa tidak mungkin Haaland bisa bermain lawan Spanyol dan Georgia," kata Sand.

"Dari kami, lebih baik dia mendapatkan perawatan di klubnya saja," ujar Sand menambahkan.

 

3 dari 5 halaman

Kesedihan Haaland

Erling Haaland. Striker Norwegia berusia 22 tahun yang sejak awal musim 2022/2023 memmperkuat Manchester City ini tercatat menjadi pencetak gol terbanyak pada Piala Dunia U-20 edisi 2019 di Polandia. Ia total mencetak 9 gol sepanjang turnamen dan berhak atas penghargaan Golden Boot. Gelar juara diraih Ukraina setelah menang 3-1 atas Korea Selatan di laga final. (AFP/NTB/Stian Lysberg Solum)

Pelatih Timnas Norwegia, Stale Solbakken, mengatakan kalau Haaland sedih karena tidak bisa membela negaranya.

"Erling Haaland sangat sedih ketika mendapat kabar kalau dia tidak bisa membantu timnya," kata Solbakken.

"Dia merasa sangat percaya diri bisa membantu Norwegia meraih poin maksimal pada dua laga nanti. Kami tentu ingin dia main, tetapi ketidakberadaannya tak akan membuat kami melemah," ujarnya lagi.

Sumber: Goal International

4 dari 5 halaman

Posisi Man City saat Ini

Berita Terkait