Alasan Shin Tae-yong Tidak Memanggil Marselino Ferdinan untuk Memperkuat Timnas Indonesia Vs Burundi

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 21 Mar 2023, 18:50 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan saat pertandingan semifinal leg pertama Piala AFF 2022 melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Marselino Ferdinan tidak dipanggil Timnas Indonesia untuk melawan Burundi di FIFA Matchday. Gelandang berusia 18 tahun itu tetap bertahan di klub Belgia, KMSK Deinze.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sengaja tidak menyertakan Marselino ketika menghadapi Burundi dalam FIFA Matchday pada akhir bulan ini.

Advertisement

Shin Tae-yong memercayai 28 pemain Timnas Indonesia untuk dua kali menghadapi Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada 25 Maret 2023 dan tiga hari berselang.

Arsitek asal Korea Selatan itu telah melakukan panggilan video dengan perwakilan KMSK Deinze sebelum timnas U-20 berkancah di Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan pada awal Maret 2023.

2 dari 5 halaman

Penjelasan Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat melakukan latihan terbuka di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (20/03/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Marselino juga tidak bisa membela timnas U-20 di Piala Asia U-20 2023 akibat tidak dilepas KMSK Deinze karena turnamen itu bukan kalender FIFA.

"Saya sudah video call dengan perwakilan klub Marselino sebelum berangkat ke Uzbekistan," ujar Shin Tae-yong.

"Jadi, mereka mau Marselino tetap tinggal di Belgia supaya bisa beradaptasi dengan timnya. Jadi minta jangan dipanggil dulu," ungkap Shin Tae-yong.

3 dari 5 halaman

Masuk Timnas Indonesia U-20

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan saat pertandingan semifinal leg pertama Piala AFF 2022 melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Tidak dipanggil ke Timnas Indonesia, Marselino tetap masuk skuad timnas U-20 untuk pemusatan latihan di Jakarta pada 20 Maret-1 April 2023 dan di Korea Selatan pada 2-20 April 2023.

Namun, Marselino tidak bisa bergabung dengan timnas U-20 sejak awal. Mantan pemain Persebaya Surabaya itu baru bisa merapat pada 8 April 2023 di Korea Selatan.

 
4 dari 5 halaman

Ungkapan Shin Tae-yong

"Saya pun berjanji tidak akan memanggil Marselino hingga saat ini," ucap Shin Tae-yong, pelatih Timnas Korea Selatan U-20 di Piala Dunia U-20 2017 itu.

"Pada 8 April 2023, Marselino akan dilepas menuju Korea Selatan dan hingga Piala Dunia U-20 2023 selesai. Itu janji dari klubnya," jelas Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia Vs Burundi

Kiper: Nadeo Argawinata (Bali United), Daffa Fasya (Borneo FC Samarinda), Syahrul Trisna (Persikabo 1973)

Bek: Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Elkan Baggott (Cheltenham Town), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Fachruddin Aryanto (Madura United), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Hansamu Yama (Persija Jakarta), Dony Tri Pamungkas (Persija Jakarta), Edo Febriansyah (RANS Nusantara FC), Yance Sayuri (PSM Makassar), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Shayne Pattynama (Viking FK)

Gelandang: Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Stefano Lilipaly (Borneo FC Samarinda), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Marc Klok (Persib Bandung), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Dzaky Asraf (PSM Makassar), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Saddil Ramdani (Sabah FC)

Penyerang: Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Ramadhan Sananta (PSM Makassar), Dimas Drajad (Persikabo 1973)

Berita Terkait