Pesan Sang Ayah yang Memotivasi Mimpi Arkhan Kaka untuk Mengejar Mimpi Lewat Sepak Bola: Bukan Akhir dari Segalanya

oleh Hery Kurniawan diperbarui 01 Apr 2023, 03:30 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka (atas) berduel udara dengan pemain Palestina, Mohamad Nouri pada laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 antara Timnas Indonesia menghadapi Palestina di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (7/10/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 gagal berlaga di Piala Dunia U-20 2023. FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah turnamen bergengsi tersebut.

Penyerang Timnas Indonesia U-20, Arkhan Kaka, menyatakan dirinya sangat sedih setelah mengetahui fakta Piala Dunia U-20 2023 gagal digelar di Indonesia. Kaka menyebut ayahnya, juga kecewa.

Advertisement

Diketahui, Arkhan Kaka adalah putra dari mantan pesepak bola nasional, Purwanto Suwondo. Ketika masih aktif bermain, Purwanto juga bermain di posisi striker.

"Ya orang tua juga pasti sedih,"kata Arkhan Kaka ketika ditemui di Jakarta, Jumat (31/3/2023) malam WIB.

2 dari 3 halaman

Tetap Memberikan Motivasi

Arkhan Kaka merupakan putra dari mantan striker Timnas Indonesia dan Persija Jakarta, Purwanto. Sang ayah pernah berpartner dengan Bambang Pamungkas di Timnas Indonesia dan Persija pada akhir 1990-an dan awal 2000-an.(Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Arkhan Kaka menyebut sang ayah memang kecewa dengan gagalnya Piala Dunia U-20 2023. Namun, menurut Kaka sang ayah juga terus memberinya motivasi.

"Beliau memberikan motivasi kepada saya ini bukan akhir dari segalanya karena beliau dulu juga mantan pemain, jadi mengerti kondisi saya," jelas Kaka.

Pemain milik tim muda Persis Solo itu juga menyatakan akan tetap menjaga semangat. Ia merasa kariernya masih sangat panjang sebagai pemain sepak bola.

"Orang tua juga berpesan untuk terus berlatih dengan keras karena saya pemain paling muda di Timnas Indonesia U-20, masa depan saya masih panjang," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Masih Terus Berlatih

Striker Timnas Indonesia U-20 Arkhan Kaka yang hadir di Aksi Duka 1 Juta Pita yang diadakan di depan FX Sudirman, Jakarta, Jumat (31/3/2023). (Liputan6.com/Luthfa Arisyi Senapi)

Arkhan Kaka menyatakan saat ini Timnas Indonesia U-20 masih menjalani prorgam latihan. Namun, program tersebut hanya dijalani sekali dalam sehari, yakni setelah berbuka puasa.

Arkhan Kaka mengaku akan tetap menjalani sesi latihan itu meski semangatnya sudah menurun drastis. Ia juga masih belum tahu apa yang akan ia lakukan dalam waktu dekat.

"Soal kembali ke klub juga belum ada kejelasan," tandasnya.

Berita Terkait