Debut Istimewa Thomas Tuchel, Pimpin Bayern Munchen Libas Dortmund di Bundesliga

oleh Aryo Atmaja diperbarui 02 Apr 2023, 05:16 WIB
Bintang Bayern Munchen, Thomas Muller disambut rekannya Benjamin Pavard usai mencetak gol ke gawang Borussia Dortmund, Minggu (2/4/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Matthias Schrader)

Bola.com, Jakarta - Bayern Munchen memetik kemenangan krusial atas musuh bebuyutan Borussia Dortmund pada pekan ke-26 Bundesliga 2022/2023, Minggu (2/4/2023) dini hari WIB. Bayern menang telak 4-2 atas Dortmund di Allianz Arena, yang sekaligus menjadi debut pelatih baru Thomas Tuchel.

Dalam laga bertajuk Der Klassiker itu, Bayern Munchen unggul 3-0 di babak pertama berkat gol bunuh diri Gregor Kobel, dan sepasang gol dari Thomas Muller.

Advertisement

Di babak kedua, Bayern berhasil mencetak tambahan gol melalui Kingsley Coman, namun Dortmund sukses membuat dua gol melalui penalti Emre Can dan Donyell Malen.

Berkat hasil ini, Bayern Munchen menggusur posisi Borussia Dortmund di puncak klasemen Bundesliga dengan raihan 55 poin, sementara Dortmund turun ke peringkat dua dengan raihan 53 poin.

2 dari 4 halaman

Babak Pertama

Ekspresi pelatih Bayern Munchen, Thomas Tuchel saat memimpin timnya berduel kontra Borussia Dortmund, Minggu (2/4/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Matthias Schrader)

Bermain di Allianz Arena, Broussia Dortmund terlihat tidak gentar. Anak asuh Edin Terzic itu memberikan perlawanan yang baik kepada sang tuan rumah dalam 10 menit pertama pertandingan.

Namun memasuki menit ke-13, petaka menghampiri tim tamu. Mencoba menghalau tendangan jarak jauh Dayot Upamecano, Kobel salah membuat perhitungan sehingga bola yang seharusnya ia tendang malah melaju ke gawang Dortmund dan menjadi gol. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Bayern.

Dortmund yang mencoba untuk bangkit usai gol bunuh diri yang memalukan itu malah semakin tertunduk lesu empat menit berselang. Melalui skema sepak pokok. Matthijs De Ligt sukses menyundul bola dan Thomas Muller menyambar bola yang jatuh dekatnya itu ke gawang Dortmund. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan anak asuh Thomas Tuchel tersebut.

Tiga menit berselang, Muller lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini, Leroy Sane melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang mampu ditepis oleh Kobel. Namun sayang bola tidak terhalau dengan sempurna dan Muller merengsek masuk ke kotak penalti Dortmund dan menceploskan bola ke gawang. Die Roten unggul 3-0.

Meski tertinggal 3-0, Dortmund belum patah arang. Die Borussien mencoba untuk bangkit dan menekan tuan rumah.

Di menit ke-34, Dortmund memiliki peluang yang apik dari sontekan Ryerson. Namun sang bek tidak mengarahkan bola dengan baik sehingga peluang emas itu terbuang sia-sia.

Hingga babak pertama berakhir, Bayern masih tampil dominan namun skor 3-0 tidak berubah hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

3 dari 4 halaman

Babak Kedua

Penyerang Bayern Munchen, Eric Maxim Choupo-Moting (kiri), merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Paris Saint-Germain (PSG) dalam laga leg kedua 16 besar Liga Champions di Allianz Arena, Kamis (9/3/2023) dini hari WIB. Bayern Munchen menang 2-0 dan melangkah ke perempat final dengan kemenangan agregat 3-0 atas PSG. (AP Photo/Matthias Schrader)

Tertinggal 3-0 di babak pertama, Edin Terzic membuat dua pergantian di jeda pertandingan. Julian Brandt dan Julian Ryerson ditarik keluar dan digantikan Donyel Malen dan Salih Ozcan.

Di awal babak kedua ini, Dortmund tampik cukup apik. Namun sayang baru lima menit laga berjalan, gawang mereka lagi-lagi dibobol tuan rumah.

Memanfaatkan umpan Leroy Sane yang sengaja dikolongi oleh Thomas Muller, bola disambar Kingsley Coman yang berlari ke kotak penalti Dortmund dan menjadi gol. Tuan rumah unggul 4-0 atas Dortmund.

Meski tertinggal 4-0, Dortmund menolak lempar handuk duluan. Pasukan The Black and Yellow mencoba untuk memberikan perlawanan atas dominasi Bayern Munchen.

Hasilnya cukup manis, di menit ke-71 Dortmund diberi hadiah penalti setelah Gnabry menjatuhkan Jude Bellingham di kotak terlarang. Emre Can mengeksekusi penalti itu dengan sempurna sehingga skor berubah menjadi 4-1.

Gol tersebut menjadi sedikit angin segar bagi Dortmund. Die Borussien semakin bersemangat untuk menyerang.

Satu menit sebelum waktu normal berakhir, Dortmudn sukses mencetak gol kedua mereka. Melakukan kerja sama 1-2 dengan Raphael Guerreiro, pemain pengganti, Donyel Malen sukses mencelposkan bola ke gawang Bayern. Skor 4-2 ini bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

4 dari 4 halaman

Daftar Susunan Pemain

Bundesliga - Bayern Munchen Vs Borussia Dortmund (Bola.com/Adreanus Titus)
  • Bayern Munchen (4-2-3-1): Sommer; Davies (Cancelo 80'), de Ligt, Upamecano, Pavard; Goretzka (Gravenberch 86'), Kimmich; Coman (Musiala 80'), Muller (Gnabry 69'), Sane; Choupo-Moting (Mane 69')
  • Pelatih: Thomas Tuchel
  • Borussia Dortmund (4-5-1): Kobel; Ryerson (Ozcan 46'), Schlotterbeck (Hummels 44'), Sule, Wolf; Reus (Dahoud 61'), Guerreiro, Can, Bellingham, Brandt (Malen 46'); Haller (Moukoko 61')
  • Pelatih: Edin Terzic

 

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published: 2/4/2023)

Berita Terkait