8 Raja Hattrick di Liga Inggris: Harry Kane Perlahan Merangsek ke Atas

oleh Suharno diperbarui 05 Apr 2023, 20:25 WIB
5-0. Kemenangan terbesar Spurs di bawah asuhan Antonio Conte di musim 2021/2022 ini terjadi saat menang 5-0 atas tamunya Everton di pekan ke-28 Liga Inggris 2021/2022, 7 Maret 2022. Harry Kane mencetak dua gol, sisanya dibagi rata Michael Keane, Son Heung-min dan Sergio Reguilon. (AFP/Ben Stansall)

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris sangat diberkati dengan kehadiran penyerang yang benar-benar elite selama bertahun-tahun. Kualitas mereka tidak perlu diragukan. 

Misalnya saja Erling Haaland yang telah menggemparkan Liga Inggris musim ini. Meskipun baru satu musim bermain Inggris, dia hanya berjarak satu hat-trick untuk menyamai rekor Alan Shearer dalam satu musim. Shearer pernah mengemas lima hattrick dalam semusim. 

Advertisement

Mengingat masih ada 10 laga tersisa Manchester City musim ini, bisa saja Haaland menyamai bahkan melampaui rekor Alan Shearer. Namun, cedera Haaland terancam bisa mengganggu misi tersebut.

Selain Shearer, ada sejumlah striker andal yang juga mampu mencetak banyak hattrick di Premier League. Siapa sajakah para striker itu?

Berikut daftar delapan striker yang membuat hattrick terbanyak selama berkarier di Liga Inggris

 

2 dari 9 halaman

8. Luis Suarez: 6

Sulit untuk menemukan daftar pemain terbaik Liverpool tanpa melihat nama Luis Suarez. Meskipun hanya menghabiskan empat tahun, ia berhasil mencetak 82 gol dalam 133 laga untuk The Reds. Catatan itu membuktikan bahwa Suarez adalah salah satu striker terbaik yang pernah ada di Anfield. (AFP/Glyn Kirk)

Sebelum Luuis Suarez, sebenarnya ada enam pemain yang mencatat lima hattrick di Premier League yakni Robin van Persie, Andy Cole, Dimitar Berbatov, Raheem Sterling, Ruud van Nistelrooy, dan Ian Wright. Tetapi, Suarez mengungguli mereka dengan mencetak enam hattrick.

Hebatnya, Luis Suarez mencetak enam hattrick ini hanya dalam periode singkat di Inggris bersama Liverpool. Penggemar Norwich City tentu masih ingat ketika mengalami mimpi buruk gara-gara pemain Uruguay itu.

 

3 dari 9 halaman

7. Wayne Rooney: 7

Wayne Rooney. Striker Inggris yang kini berusia 36 tahun dan telah pensiun pada Januari 2021 bersama Derby County ini tercatat pernah melakukan hattrick beruntun di Liga Inggris pada musim 2011/2012. Momen itu terjadi saat ia berseragam Manchester United sebagai klub keduanya di Liga Inggris di pekan ke-3 dan ke-4. Pada pekan ke-3 (28/8/2011) hattricknya membawa Setan Merah menang 8-2 atas Arsenal, sementara di pekan ke-4 (10/9/2011) hattricknya membawa MU mengatasi Bolton 5-0. (AFP/Andrew Yates)

Di atas Suarez, ada pemain Manchester United, Wayne Rooney. Yang berbeda, Rooney memang tumbuh, berkembang, dan berkarier lama di Liga Inggris. 

Wayne Rooney berhasil mencetak tujuh hattrick liga sepanjang kariernya yang gemilang. Mungkin hattricknya yang paling terkenal adalah ketika Manchester United melumat Arsenal 8-2 di Old Trafford pada 2011.

 

4 dari 9 halaman

6. Thierry Henry: 8

Thierry Henry. Striker Prancis yang didatangkan Arsenal dari Juventus pada awal musim 1999/2000 ini mulai menjabat kapten Arsenal di awal musim 2004/2005 menggantikan Martin Keown. Total 8 musim ia tampil 370 laga dengan torehan 226 gol dan 106 assist. (AFP/Andrew Yates)

Memiliki kecepatan adalah anugerah bagi para pemain yang berlaga di Premier League. Ini dibuktikan oleh striker Prancis, Thierry Henry, yang bermain bagi Arsenal.

Henry mencetak sembilan hattrick saat bermain di Liga Inggris. Meski berhasil membawa Arsenal juara Premier League, dia akhirhnya hijrah ke Spanyol bersama Barcelona demi ambisinya menyabet trofi Liga Champions.

 

5 dari 9 halaman

5. Michael Owen: 8

Michael Owen. Penyerang Legendaris Liverpool yang baru saja menyambangi Jakarta ini sukses menjadi top skor Liga Inggris dalam dua musim beruntun. Pemain yang juga pernah berseragam Real Madrid ini meraihnya saat membela The Reds pada musim 1997/1998 dengan 18 gol dan musim 1998/1999 dengan 18 gol. (AFP/Paul Barker)

Serupa dengan Henry, Owen juga dianugerahi  kecepatan berlari dan dribel yang mumpuni. Owen sejajar dengan Henry karena mencetak delapan hattrick selama berkarier di Liga Inggris.

Setelah memperkuat Liverpool, dia sempat pindah ke klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Akan tetapi, saat kembali ke Inggris dia tidak lagi merapat ke Anfield melainkan ke Newcastle lalu ke rival The Reds, Manchester United.

 

6 dari 9 halaman

4. Harry Kane: 8

Pemain Tottenham Hotspur, Harry Kane melakukan selebrasi setelah mencetak gol pembuka timnya ke gawang Manchester City pada laga pekan ke-22 Liga Inggris 2022/2023 di Tottenham Hotspur Stadium, London, Minggu (05/02/2023) malam WIB. Gol tersebut berhasil menobatkan dirinya menjadi top skor sepanjang masa Tottenham dengan koleksi 267 gol. (AFP/Adrian Dennis)

Striker Tottenham, Harry Kane, sebenarnya mengoleksi jumlah hattrick yang sama dengan Thierry Henry dan Michael Owen. Tetapi, kapten Inggris ini masih bisa menambah jumlah hattricknya saat ini yakni delapan kali.

Kane sangat subur di Inggris. Penyerang Tottenham itu hanya tertinggal 56 gol untuk menyamai rekor gol sepanjang masa Shearer di liga kasta teratas Inggris, yaitu 260.

 

7 dari 9 halaman

3. Robbie Fowler: 9

Selebrasi striker Liverpool, Robbie Fowler setelah menjebol gawang Charlton Athletic pada laga Premier League 2000/2001 di Valley Stadium (19/5/2001). Robbie Fowler total mencetak 6 gol dan 2 assist selama tampil dalam 12 laga Liverpool kontra Manchester United sepanjang sejarah Premier League Liga Inggris. Gol terakhirnya ke gawang MU dicetak pada laga pekan ke-31 Premier League 2000/2001 (31/3/2001) saat Liverpool menang 2-0. (AFP/Odd Andersen)

Liverpool tidak hanya memiliki Michael Owen yang menjadi mesin gol. The Reds punya pemain tajam lainnya, yaitu Robbie Fowler.

Sang pemain telah mencetak sembilan hattrick di Premier League. Meski sempat berpindah ke klub, tetapi Fowler sempat kembali ke Liverpool sebelum melanglangbuana ke Liga Australia bahkan Thailand.

 

8 dari 9 halaman

2. Alan Shearer: 11

Alan Shearer. Striker Inggris berusia 51 tahun yang pensiun bersama Newcastle United pada Juli 2006 ini masih kukuh menempati puncak top skor Liga Inggris sepanjang masa. Total 260 golnya ia cetak saat memperkuat Blackburn Rovers dan Newcastle United dalam 14 musim. (AFP/Martyn Harrison)

Shearer masih menjadi pemain paling subur di Liga Inggris dengan 260 gol selama kariernya di kasta teratas. Dia juga memiliki rekor mencetak lima hattrick dalam satu musim saat berseragam Blackburn.

Akan tetapi, dia bukan pemain yang paling banyak mencetak hattrick di Premier League. Pemain yang pernah memperkuat Newcastle ini baru mengoleksi 11 hattrick selama kariernya di Inggris.

 

9 dari 9 halaman

1. Sergio Aguero

Sergio Aguero. Striker berusia 33 tahun dan telah pensiun dini bersama Barcelona pada Desember 2021 ini tercatat mampu mencetak 27 gol penalti di Liga Inggris. Ia melakukannya hanya bersama Manchester City yang diperkuatnya selama 10 musim mulai 2011/2012 hingga 2020/2021. (AFP/Oli Scarff)

Sergio Aguero mengemas 12 hattrick di Liga Inggris. Penyerang Argentina itu menjadi fenomena di Manchester City, serta terus memecahkan beberapa rekor di klub itu.

Tiga dari 12 hattricknya terjadi saat melawan Chelsea dan Arsenal karena Aguero tersengat saat melawan sesama klub-klub London. Dia mengakhiri kiprahnya di City sebagai pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa dengan 260 gol di semua kompetisi.

Sumber: Planet Football

 

Berita Terkait