Liga Inggris: Arsenal Tunda Pembicaraan Kontrak Baru Mikel Arteta, PSG Mengintai

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 16 Apr 2023, 16:45 WIB
Arsenal menjadi satu-satunya tim yang tidak terkalahkan hingga pekan kesepuluh Liga Inggris musim 2022/2023. Catatan mengagumkan tersebut tak lepas dari peran pelatih mereka, Mikel Arteta. Selama menukangi The Gunners, ia telah memakai jasa 50 pemain berbeda. Namun, ada beberapa pemain yang selalu menjadi kepercayaannya pada musim ini. Berikut daftarnya. (AFP/Adrian Dennis)

Bola.com, London - Arsenal dikabarkan telah menunda pembicaraan kontrak baru dengan manajer Mikel Arteta.

Arteta hanya memiliki sisa dua tahun lebih dari kontrak Gunners senilai £ 8,3 juta per tahun yang dia tandatangani sebelum akhir musim lalu.

Advertisement

The Sun melaporkan, baik sang manajer maupun klub telah sepakat untuk menunda pembicaraan mengenai kontrak baru hingga musim panas agar tidak mengalihkan perhatian dari perburuan gelar Arsenal.

Saat dia menghidupkan kembali peruntungan Arsenal, Mikel Arteta telah dikaitkan dengan klub-klub di seluruh Eropa, dengan yang terbaru adalah PSG.

Sempat ragu dengan posisi Christophe Galtier, PSG mengincar mantan gelandang mereka itu sebagai calon pengganti. 

2 dari 5 halaman

Perjalanan

Mikel Arteta. Pelatih Arsenal asal Spanyol yang kini berusia 40 tahun ini menjadi pelatih termuda di Liga Inggris musim 2022/2023. Ia mulai menangani Arsenal pada 22 Desember 2019 menggantikan posisi pelatih caretaker Arsenal saat itu, Freddie Ljungberg. Sebelumnya Mikel Arteta menjadi asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City sejak 3 Juli 2016. Hingga 8 laga pada musim 2022/2023 ini Arsenal dibawanya menduduki puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 21 poin dari hasil 7 kali menang dan 1 kali kalah. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Mikel Arteta resmi bergabung dengan Arsenal pada tahun 2019. Ia menggantikan Unai Emery yang dipecat oleh manajemen Arsenal.

Perlahan tapi pasti, eks gelandang The Gunners itu mulai mendongkrak performa Arsenal. Pada Mei 2022, Arsenal resmi memperpanjang kontrak sang manajer.

Arteta sebelumnya bekerja di bawah Pep Guardiola sebagai bagian dari staf pelatih Manchester City, memenangkan dua gelar Liga Premier antara 2016 dan 2019. Dalam beberapa bulan pertamanya sebagai pelatih kepala Arsenal, Arteta memenangkan Piala FA.

3 dari 5 halaman

Sosok Pembeda

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, bersalaman dengan manajer Arsenal, Mikel Arteta, pada laga putaran keempat Piala FA di Stadion Etihad, Sabtu (28/1/2023) dini hari WIB. Dalam duel itu, Man City menang 1-0 atas The Gunners. (AP Photo/Dave Thompson)

Figur Mikel Arteta yang membuat perbedaan di Arsenal sejauh ini. Pendakian yang dilakukan The Gunners hingga ke posisi pertama luar biasa.

The Gunners masih di jalur juara dengan 73 poin. Namun, Arteta belum bisa bernapas lega. Man City menempel mereka dengan sangat ketat. Pasukan Pep Guardiola hanya terpaut tiga poin saja.

Semenjak menangani Arsenal, Mikel Arteta telah memberikan dua trofi, yakni Piala FA edisi 2019/2020 dan Community Shield 2020.

Sumber: The Sun

4 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait