Cerita Selepas Timnas Indonesia U-22 Meraih Medali Emas SEA Games 2023: Jimat Keberuntungan Itu Bernama Kamboja

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 17 Mei 2023, 21:45 WIB
Visal, perempuan asli Kamboja yang membuka usaha cafe di samping hotel Timnas Indonesia U-22. (Bola.com/Gregah Nurikhsani)

Bola.com, Phnom Penh - Timnas Indonesia U-22 menuntaskan puasa emas SEA Games selama 32 tahun di Kamboja. Banyak faktor teknis pendukung tentunya, tetapi ada hal-hal 'takhayul' lainnya yang kami temukan.

Kami beruntung bisa menjadi saksi hidup sukses Timnas Indonesia U-22 keluar sebagai juara SEA Games 2023. Laga penuh drama terjadi ketika Tim Garuda Muda bersua Thailand.

Advertisement

Awalnya ketika Timnas Indonesia U-22 memimpin 2-0, kami sangat yakin lucky charms alias jimat keberuntungan yang kami temui selama SEA Games 2023 benar-benar nyata.

Jimat keberuntungan itu adalah gelang merah dan batu akik. “Saya pakai gelang merah dari Pagoda, nanti Indonesia win win!” kata Raddi, driver kami selama bertugas di akhir-akhir SEA Games 2023.

 

2 dari 4 halaman

Batu Akik Pembawa Keberuntungan

Visal, perempuan asli Kamboja yang membuka usaha cafe di samping hotel Timnas Indonesia U-22. (Bola.com/Gregah Nurikhsani)

Lain lagi dengan Visal, perempuan asli Kamboja yang membuka usaha cafe di samping hotel Timnas Indonesia U-22. Ia memperlihatkan batu akik yang menurutnya membawa keberuntungan.

Ternyata, Pink Cafe, warkop yang dikelola Visal, adalah tempat nongkrong tim medis Timnas Indonesia U-22.

"Saya dapat cincin dari Timnas Indonesia, ini adalah benda keberuntungan. Lawan Vietnam dan Thailand terbukti," kata Visal.

 

3 dari 4 halaman

Tuah Olympic Stadium

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri memegang gambar dirinya saat merayakan kemenangan pada laga final sepak bola SEA Games 2023 melawan Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/05/2023). Skuad Garuda Nusantara menang dengan skor 5-2. (AFP/Nhac Ngyuen)

Selain itu, Olympic Stadium di Phnom Penh yang jadi venue final SEA Games 2023 juga jadi stadion keberuntungan buat Indra Sjafri.

Empat tahun lalu, tepatnya pada Piala AFF U-22, pelatih berusia 60 tahun itu meraih juara.

“Iya, dulu saya menang di sini, tetapi rumputnya beda,” kata Indra Sjafri

4 dari 4 halaman

Simak Laporan SEA Games 2023 di Bola.com

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)