Liga Inggris: Buat Apa MU Kontrak Jonny Evans? Erik Ten Hag Berikan Jawaban

oleh Hendry Wibowo diperbarui 20 Jul 2023, 12:00 WIB
Bek Manchester United Jonny Evans pada laga uji coba melawan Lyon di Murrayfield, Edinburgh, 19 Juli 2023. (ANDY BUCHANAN / AFP)

Bola.com, Jakarta - Manajer Manchester United (MU), Erik Ten Hag buka suara terkait keputusannya merekrut Jonny Evans di musim panas ini. Ia menilai sang bek bakal jadi pemain yang penting bagi timnya.

Di awal Juli 2023 ini, Jonny Evans diketahui ikut latihan di MU. Mantan pemain akademi Setan Merah itu numpang latihan setelah ia dilepas oleh Leicester City.

Advertisement

Kemarin, MU membuat kejutan. Mereka mengonfirmasi telah mengontrak Evans untuk jangka pendek sehingga ia bisa ikut tur pra musim MU.

Ten Hag sendiri menilai bergabungnya Evans itu akan menguntungkan Setan Merah. "Saya sudah mengenalnya [Evans] sejak lama, jadi saya tahu bahwa tempatnya ada di Manchester," buka Ten Hag kepada MUTV.

2 dari 4 halaman

Sama-sama Menguntungkan

Pelatih kepala Ajax Amsterdam, Erik ten Hag (kiri) memeluk kiper Andre Onana setelah laga perempat final Liga Champions 2018/2019 melawan Juventus di Juventus Stadium, Turin, 16 April 2019. (AFP/Isabella Bonotto)

Menurut Ten Hag, kontrak jangka pendek bagi Evans itu menguntungkan kedua pihak. MU diuntungkan dengan kehadiran sang bek, dan Evans juga diuntungkan bisa memulihkan kondisinya.

"Dia datang untuk berlatih bersama kami untuk memulihkan kebugaran tubuhnya. Saya kemudian memutuskan ia bergabung dengan kami," sambung Ten Hag.

"Saya berpikir bahwa saat ini sejumlah pemain kami masih liburan sehingga akan jadi ide bagus jika kami saling tolong menolong. Jonny bisa mengembalikan kebugarannya dan ia juga bisa membantu kami."

3 dari 4 halaman

Tularkan Pengalaman

Bek Leicester City Jonny Evans (kiri) berebut bola dengan gelandang Chelsea Christian Pulisic (kanan) pada laga tunda pekan ke-27 Liga Inggris 2021-2022 di Stadion Stamford Bridge, Jumat (20/5/2022) dini hari WIB. Chelsea harus puas bermain imbang 1-1 ketika menjamu Leicester City. (Glyn KIRK / IKIMAGES / AFP)

Ten Hag menyebut bek 35 tahun itu memiliki pengalaman yang banyak di level tertinggi. Jadi ia menilai kehadiran Evans sangat bermanfaat untuk skuat Setan Merah.

"Dia memiliki level permainan yang bagus. Kami tahu bahwa ia adalah pemain yang sangat berpengalaman, namun ia juga seorang pribadi yang baik," sambung Ten Hag.

"Ia punya kepribadian yang bagus dan ia punya otoritas yang besar pada dirinya. Ia akan membantu banyak pemain muda kami, jadi kontrak ini sama-sama menguntungkan kedua pihak," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Laga Comeback

Evans sendiri resmi menjalani comebacknya sebagai pemain Manchester United.

Ia bermain selama 45 menit saat membantu Manchester United menang 1-0 atas Lyon.

Sumber asli: MUTV

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, Published 20/07/2023)

Berita Terkait