Liga Spanyol: Barcelona Resmi Lepas Franck Kessie ke Al Ahli

oleh Rizki Hidayat diperbarui 10 Agu 2023, 08:43 WIB
Gelandang Barcelona, Franck Kessie menggiring bola saat bertanding melawan Valencia selama pertandingan lanjutan La Liga Spanyol di stadion Camp Nou, Spanyol, Minggu (5/3/2023). Barcelona menang tipis atas Valencia dengan skor 1-0. (AP Photo/Joan Monfort)

Bola.com, Barcelona - Barcelona akhirnya resmi melepas Franck Kessie ke Al Ahli pada Kamis (10/9/2023). Barca menjual gelandang Timnas Pantai Gading tersebut ke Al Ahli dengan banderol 12,5 juta euro.

Bersama klub Arab Saudi tersebut, Kessie sepakat menandatangani kontrak berdurasi tiga musim, atau sampai 30 Juni 2026. Kabarnya, Franck Kessie mendapatkan bayaran 20 juta euro per musim dari Al Ahli.

Advertisement

Barcelona dan Al-Ahli telah menyetujui transfer 12,5 juta euro untuk pelepasan Franck Kessie," bunyi pernyataan resmi El Barca.

"Barcelona ingin mengambil kesempatan ini untuk secara terbuka berterima kasih kepada Franck Kessie atas komitmen dan dedikasinya, dan mendoakan yang terbaik dan sukses di masa depan," lanjut pernyataan tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Tak Selalu Menjadi Pilihan Utama

Pemain Barcelona, Franck Kessie melakukan selebrasi setelah mencetak gol kemenangan timnya ke gawang Real Madrid pada laga pekan ke-26 Liga Spanyol 2022/2023 di Camp Nou, Barcelona, Senin (20/03/2023). Blaugrana menang dengan skor 2-1 pada pertandingan yang bertajuk El Classico tersebut. (AFP/Lluis Gene)

Franck Kessie sedianya baru bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2022. Eks gelandang jangkar Atalanta itu digaet Barca dari AC Milan dengan status gratis, setelah kontraknya berakhir pada 30 Juni 2022.

Musim perdana Kessie di Barcelona tak berjalan mulus. Kalah bersaing dengan Frenkie De Jong dan Pedri membuat sang gelandang tak selalu menjadi pilihan utama.

Dia tercatat hanya tampil dalam 43 pertandingan diseluruh ajang pada musim lalu. Dari 43 laga tersebut, Franck Kessie hanya 16 kali bermain sebagai starter.

 

3 dari 5 halaman

Menyusul Pemain Top Dunia

Roberto Firmino didatangkan Al Ahli dari Liverpool dengan status bebas transfer setelah membela The Reds selama 8 musim sejak 2015/2016. Ia dikontrak Al Ahli selama 3 tahun hingga 30 Juni 2026 dengan bayaran 20 juta euro atau setara Rp338 miliar per-tahun. (instagram.com/alahliclub.sa)

Dengan bergabung ke Al Ahli, Kessie menyusul pemain-pemain top yang telah lebih dulu bergabung ke klub promosi Suadi Pro League tersebut. Sebelumnya, Al Ahli sudah menggaet Roberto Firmino, Riyad Mahrez, Allan Saint-Maximin, dan Edouard Mendy.

Kehadiran Franck Kessie juga semakin menambah sengit persaingan Saudi Pro League. Klub-klub lainnya di kasta teratas Liga Arab Saudi tersebut juga menggaet sejumlah pemain bintang.

Seperti Al Ittihad yang mendatangkan Karim Benzema, N'Golo Kante, serta Fabinho. Ada juga Al Nassr yang memboyong Sadio Mane, Seko Fofana, serta Marcelo Brozovic.

 

4 dari 5 halaman

Unggahan Barcelona

Sumber: Barcelona, Transfermarkt

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Berita Terkait