Foto: 10 Pelatih dengan Gaji Termahal di Dunia, Roberto Mancini Bisa Jadi Raja Minyak

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 29 Agu 2023, 19:23 WIB
Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi, Yasser Al Misehal (kiri), mengenalkan pelatih anyar Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini (kanan), dalam sesi konferensi pers yang berlangsung di Riyadh, Arab Saudi, Senin (28/8/2023). (AP Photo)
Massimiliano Allegri dikontrak Juventus sampai 30 Juni 2025. Pelatih asal Italia tersebut mendapat bayaran sebesar 9 juta euro per tahun. Selama dua musim terakhir menangani Juventus, Allegri belum berhasil mempersembahkan gelar. Juventus mengakhiri musim lalu di peringkat ketujuh dalam ajang Serie A. (AFP/Marco Bertorello)
Jorge Jesus (kiri) resmi kembali menangani Al Hilal pada musim 2023/2024. Dia dikontrak selama semusim oleh klub Arab Saudi tersebut dan mendapat bayaran 10 juta euro per musim. Sebelumnya pria asal Portugal tersebut pernah menangani Al Hilal pada musim 2018/2019. (AFP/Fayez Nureldine)
Manchester United mengontrak ErikTen Hag sampai tahun 2025. Pelatih berusia 53 tahun tersebut mendapatkan bayaran sebesar 10,5 juta euro per tahun. Ten Hag berhasil membawa Setan Merah meraih trofi Carabao Cup. Mereka juga mampu finis di posisi ketiga pada ajang Premier League 2022/2023 sehingga akan berlaga di Liga Champions pada musim ini. (AFP/Oli Scarff)
Jurgen Klopp memperoleh gaji sebesar 10,5 juta euro per tahun di Liverpool. Juru taktik asal Jerman tersebut sudah membesut skuat The Reds sejak tahun 2015. Namun kesepakatan antara Liverpool dengan manajer asal Jerman di klub tersebut akan berakhir pada musim panas 2024. (AFP/Oli Scarff)
Mauricio Pochettino kembali ke Premier League pada musim ini. Pria asal Argentina tersebut dipercaya untuk menangani Chelsea. Pochettino dikontrak selama dua tahun dengan opsi perpanjangan. Pelatih berusia 51 tahun itu mendapat bayaran sebesar 11 juta euro per tahun. (AFP/Henry Nicholls)
Thomas Tuchel (dua kanan) dikontrak Bayern Munchen sampai 30 Juni 2025. Tuchel mendapat bayaran 12 juta euro per tahun selama bekerja di Allianz Arena. (AP Photo/Matthias Schrader)
Diego Simeone mengambil alih Atletico Madrid pada 2011. Di bawah kendalinya, klub Spanyol itu berhasil memenangkan banyak gelar. Simeone terikat kontrak di Atletico sampai 2024 medatang. Saat ini Simeone mendapatkan 15 juta euro per tahun dari klubnya. (AP Photo/Peter Byrne)
Steven Gerrard melanjutkan karier kepelatihannya di klub Arab Saudi, Al-Ettifaq. Keputusan Gerrard untuk menangani Al-Ettifaq membuat jumlah kekayaannya bertambah. Mantan kapten Liverpool tersebut mendapat bayaran sebesar 17,7 juta per tahun. (AFP/Fayez Nureldine)
Pep Guardiola merupakan manajer termasyhur dan termahal di Liga Inggris. Pria asal Spanyol tersebut digaji 23 juta euro per tahun oleh Manchester City dan terikat kontrak hingga 2025. (AFP/Darren Staples)
Roberto Mancini (kanan) melanjutkan kariernya di Timur Tengah dengan menjadi pelatih Timnas Arab Saudi. Mancini mendapatkan bayaran 30 juta euro per tahun dan menandatangani kontrak sampai tahun 2027. Alhasil, Mancini pun menjadi pelatih dengan bayaran termahal di dunia. (AFP/Fayez Nureldine) Mancini .