Daftar Pemain Naturalisasi yang Absen Memperkuat Timnas Indonesia Vs Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

oleh Hendry Wibowo diperbarui 12 Okt 2023, 06:45 WIB
Timnas Indonesia - Stefano Lilipaly (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 26 pemain untuk berlaga di putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di mana Timnas Indonesia akan bersua Brunei Darussalam. 

Pada leg pertama, Timnas Indonesia bakal menantang Brunei di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hari Kamis (11/10/2023). 

Advertisement

Pada ini, Shin Tae-yong memangil beberapa nama pemain naturalisasi yang merumput di luar negeri. Sebut saja Elkan Baggott, Sandy Walsh, hingga Shayne Pattynama.

Namun tidak semua pemain naturalisasi ikut serta. Ada beberapa nama yang biasanya mendapat panggilan kali ini harus absen. 

Dimulai dari pemain naturalisasi yang mentas di BRI Liga 1 bersama Borneo FC, Stefano Lilipaly. Tidak dipanggilnya Stefano Lilipaly termasuk mengejutkan lantaran ia tampil ciamik di BRI Liga 1 musim ini. 

Salah satu asisten pelatih Shin Tae-yong, Nova Arianto mengindikasikan gaya permainan Lilipaly tidak cocok dengan visi permainan sanng juru taktik.  

2 dari 4 halaman

Cedera

Pemain Timnas Indonesia U-23, Ivar Jenner berpose saat melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023). (Bola.com/Arief Bagus)

Timnas Indonesia juga tidak memanggil beberapa nama pemain naturalisasi akibat cedera. Salah satunya pemain Jong FC Utrecht Ivar Jenner.

"Untuk laga ini gelandang Ivar Jenner tidak dipanggil karena sedang mengalami cedera. Cedera itu didapat saat ia memperkuat Jong FC Utrecht," tulis PSSI dalam rilis resmi. 

Pemain di klub Liga Malaysia, Johor Darul Ta'zim, Jordi Amat juga dicoret dari skuad timnas Indonesia lantaran mengalami cedera. Untuk menggantikannya, Shin Tae-yong memanggil bek senior, Fachruddin Aryanto. 

 

3 dari 4 halaman

Minus Rafael Struick

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Rafael William Struick setelah mencetak gol ke gawang Chinese Taipei U-23 dalam pertandingan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023). (Bola.com/Arief Bagus)

Melawan Brunei, Timnas Indonesia juga kehilangan Rafael Struick akibat cedera. Namun situasi cedera Struick lebih ringan ketimbang Jordi Amat dan Ivar Jenner. 

Disebut Shin Tae-yong, kondisi Struick sebenarnya sudah membaik, tapi ia pilih mengistirahatkan sang striker untuk menghindari cedera semakin parah. 

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia Vs Brunei

Kiper: Nadeo Argawinata, Ernando Ari Sutaryadi, Syahrul Trisna.

Bek: Wahyu Prasetyo, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, Edo Febriansyah, Fachruddin Aryanto.

Gelandang: Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Dzaky Asraf.

Penyerang: Dimas Drajad, Ramadhan Sananta, Dendy Sulistyawan, Rafael Struick, Hokky Caraka.

Berita Terkait