Foto: 5 Pesepak Bola Kelahiran Spanyol yang Putuskan Membela Negara Lain, Termasuk Wonderkid Manchester United

oleh Hendriyan diperbarui 13 Okt 2023, 16:33 WIB
Sebagai negara dengan kultur sepak bola yang kental, Spanyol banyak dihuni para pemain berkualitas dari tahun ke tahun. Hal ini tentu menjadikan persaingan internal antar-pemain dalam skuad Timnas Spanyol baik di level junior hingga level senior. Situasi ini menjadikan peluang bagi para pemain kelahiran Spanyol yang memiliki garis keturunn negara lain namun gagal bersaing untuk meninggalkan Timnas Spanyol dan memilih membela timnas dari negara keturunannya. Seperti 5 pemain berikut ini. (AP Photo/Jon Super)
Dilahirkan di El Escorial, Spanyol, Munir El Haddadi memiliki garis keturunan Maroko dari sang ayah. Sempat melakoni debut bersama Timnas Spanyol pada 8 September 2014, ia akhirnya memutuskan pindah membela Timnas Maroko yang akhirnya direstui FIFA lewat aksi banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) pada 2021. Hingga kini ia telah tampil dalam 11 laga bersama Timnas Maroko sejak melakukan debut pada 26 Maret 2021. (AFP/Kenzo Tribouillard)
Dilahirkan di Madrid, Spanyol, dari orang tua berkewarganegaraan Maroko, Achraf Hakimi lebih memilih membela Timnas Maroko dibanding Spanyol untuk berbakti kepada kedua orang tuanya. Pemain yang sejak awal musim 2021/2022 bermain untuk PSG tercatat telah mengoleksi 65 caps bareng Timnas Maroko termasuk membawa Singa Atlas menjadi semifinalis pada Piala Dunia 2022, sejak melakukan debut pada 11 Oktober 2016. (AFP/Jack Guez)
Alejandro Garnacho yang kini bermain bersama Manchester United di Liga Inggris dilahirkan di Madrid, Spanyol dari seorang ibu asal Argentina. Sempat membela Timnas Spanyol U-18 di level junior pada 2021, ia akhirnya lebih memilih membela Timnas Argentina di level senior. Hingga kini ia telah mencatatkan 3 caps bersama Timnas Argentina sejak melakukan debut pada 15 Juni 2023. (AP Photo/Jon Super)
Dilahirkan di Madrid, Spanyol, Salim El Jebari memiliki garis keturunan Maroko dari kedua orang tuanya. Sempat membela Timnas Spanyol U-18 pada 2022 setelah sebelumnya turun bersama Timnas Maroko U-17 pada 2021, Salim El Jebari akhirnya memutuskan kembali membela Timnas Maroko di level U-20 dan U-23 pada tahun 2023. Hingga kini ia masih menantikan debut bersama Timnas Maroko di level senior. (FRMF)
Brahim Diaz (kanan) menjadi pemain kelahiran Spanyol terbaru yang memutuskan meninggalkan Timnas Spanyol untuk bermain mewakili Timnas Maroko. Sudah melakukan debut bersama Timnas Spanyol pada 8 Juni 2021 dan telah membela Spanyol di beberapa level Junior, Brahim Diaz yang lahir di Malaga, Spanyol, nyatanya memiliki garis keturunan Maroko dari kakek-nenek pihak sang ayah. (AFP/Jure Makovec)

Berita Terkait