Foto: Ini Dia Perbandingan Ketajaman Dua Kandidat Peraih Gelar Top Skor J1 League 2023, Yuya Osako Kontra Anderson Lopes

oleh Hendriyan diperbarui 27 Okt 2023, 18:03 WIB
Jika persaingan memperebutkan gelar juara J1 League 2023 telah mengerucut pada dua klub saja, yaitu Vissel Kobe yang sementara menjadi pemuncak klasemen dengan 61 poin dan Yokohama F Marinos di posisi runner-up dengan 57 poin, maka setali tiga uang dengan perebutan gelar top skor yang juga telah mengerucut pada dua nama yang uniknya juga berasal dari kedua klub tersebut. Menyisakan empat laga lagi, striker Vissel kobe, Yuya Osako sementara memimpin daftar top skor dengan torehan 20 gol diikuti di posisi kedua oleh striker Yokohama F Marinos, Anderson Lopes yang telah mengemas 19 gol. Dalam 30 pekan yang telah dilewati, keduanya memang bisa dibilang punya statistik yang hampir mirip jika dibandingkan. Seperti apa kemiripannya? Simak beberapa faktanya berikut ini. (Kolase Foto J.LEAGUE dan AFP)
Yuya Osako dan Anderson Lopes sama-sama selalu tampil dalam seluruh 30 laga bersama klubnya masing-masing. Yuya Osako mencetak 20 gol untuk Vissel Kobe setelah tampil dalam 2469 menit, sementara Anderson Lopes mencetak 19 golnya bersama Yokohama F Marinos dalam 2495 menit. keduanya sama-sama memiliki rasio gol 0,7 gol per laga (90 menit). (J.LEAGUE)
Dari segi agresivitas, keduanya juga tak jauh berbeda. Anderson Lopes total melepaskan 75 tembakan dengan 32 tepat sasaran, sementara Yuya Osako total melepaskan 79 tembakan dengan 29 di antaranya tepat sasaran. (J.LEAGUE)
Dari segi membuat peluang, Yuya Osako unggul dengan membuat 67 peluang, 85 umpan daerah dari total 850 umpan, dengan total mengoleksi empat assist. Sementara Anderson Lopes membuat 24 peluang, 44 umpan daerah dari total 548 umpan dan sukses mencetak tiga assist. (J.LEAGUE)
Dari segi gol non-penalti, Anderson Lopes unggul dengan membuat 17 gol non-penalti, sementara Yuya Osako hanya membuat 15 gol non-penalti. (J.LEAGUE)

Berita Terkait