Foto: Tanpa Pratama Arhan, Tokyo Verdy di Ambang Promosi ke J1 League, Hadapi Shimizu S-Pulse pada Final Playoff J2 League 2023

oleh Hendriyan diperbarui 01 Des 2023, 18:41 WIB
Tanpa kehadiran pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan yang mulai terpinggirkan, Tokyo Verdy akan memperebutkan satu tiket tersisa promosi ke J1 League dengan menghadapi Shimizu S-Pulse pada laga final playoff J2 League 2023. Laga ini disiarkan langsung secara gratis di kanal YouTube J.League International, Sabtu (2/12/2023) mulai pukul 12.05 WIB. (J.LEAGUE)
Dari tiga jatah tiket promosi ke J1 League 2024, dua di antaranya telah diambil oleh juara J2 League 2023, Machida Zelvia dan sang runner-up, Jubilo Iwata. (J.LEAGUE)
Satu tiket tersisa akan diperebutkan oleh Tokyo Verdy dan Shimizu S-Pulse, setelah keduanya memenangi laga semifinal atas JEF United Chiba dan Montedio Yamagata sebagai 4 tim berperingkat 3 hingga 6 di klasemen ahir J2 League 2023. (J.LEAGUE)
Tokyo Verdy merupakan tim yang juara pada dua edisi pertama J.League pada 1993 dan 1994 saat masih bernama Verdy Kawasaki, meski kini sudah lebih dari satu dekade berkubang di kasta kedua. (J.LEAGUE)
Sementara Shimizu S-Pulse merupakan klub yang baru terdegradasi ke kasta kedua musim lalu, dan hanya satu musim di kasta kedua kini mereka hanya perlu menang sekali lagi untuk bisa langsung kembali ke kasta teratas. (www.s-pulse.co.jp)
Jika mampu kembali menampilkan lini pertahanan yang solid, bukan tak mungkin Tokyo Verdy akan promosi ke kasta teratas untuk kali pertama dalam 15 tahun. Terakhir mereka ada di J1 League adalah musim 2008 lalu. (J.LEAGUE)
Jika Tokyo Verdy mengandalkan lini pertahanan mereka, Shimizu S-Pulse adalah tim yang berorientasi menyerang, total mereka mencetak 78 gol sepanjang musim, terbanyak kedua di J2 League dan hanya kalah dari sang juara Machida Zelvia (79 gol). (J.LEAGUE)
Jika laga nanti berakhir imbang, maka Tokyo Verdy dipastikan akan jadi tim yang promosi. Hal ini karena aturan bahwa jika laga imbang, maka tim yang posisinya lebih baik di klasemen akan dianggap menang. Tokyo Verdy mengakhiri musim di peringkat ketiga, sedangkan Shimizu S-Pulse di tempat keempat. (JLeagueIntl)

Berita Terkait