Foto: Deretan Pemain Top yang Pernah Bermain di Liga Indonesia, Ada Sang Juara Dunia

oleh Muhammad Iqbal Ichsan diperbarui 05 Des 2023, 11:43 WIB
Mario Kempes adalah salah satu nama pemain paling mentereng yang pernah berkiprah di Liga Indonesia. Penyerang yang membawa Argentina juara Piala Dunia 1978 itu tiba di Tanah Air pada 1993 atau di usia 39 tahun dengan membela Pelita Jaya. Tampil dalam 18 pertandingan, Mario Kempes mengemas 12 gol. Ia juga membawa Pelita Jaya juara Galatama 1993-1994. (Photo by Staff/AFP)
Persija Jakarta mendatangkan Marco Motta untuk mengarungi Liga 1 2020. Pemain asal Italia itu pernah membela klub-klub top Liga Italia macam AS Roma dan Juventus. Sementara di Liga Inggris, Motta tercatat pernah bermain untuk Watford dan Charlton Athletic. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Mantan pemain Timnas Ghana ini pernah membela sejumlah klub top Eropa, mulai dari Chelsea, Real Madrid, hingga AC Milan. Di Indonesia, Michael Essien berkarier bersama Persib Bandung di Liga 1 2017. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Didier Zokora pernah menjadi bagian skuad Semen Padang pada Liga 1 2017. Mantan pemain Tottenham Hotspur itu mencatatkan 11 penampilan tanpa mengemas satu gol pun untuk Kabau Sirah. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Peter Odemwingie pernah memperkuat beberapa tim Eropa seperti Lille (Prancis), Lokomotiv Moskow (Rusia), hingga klub-klub Inggris seperti Stoke City dan WBA. Setelah melalangbuana di Eropa, Peter Odemwingie memutuskan berlabuh ke Madura United pada Liga 1 2017. Ia tampil cukup tajam dengan catatan 15 gol dalam 22 pertandingan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Nama Julien Faubert menghiasi skuad Borneo FC Samarinda pada kompetisi Liga 1 2017. Pemain berkebangsaan Prancis itu datang ke Samarinda dengan label pemain top karena tercatat pernah memperkuat West Ham, Bordeaux hingga Real Madrid. Selama berseragam Borneo FC ia mengoleksi lima gol dari 15 pertandingan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Radja Nainggolan jadi nama teranyar sebagai pemain top dunia yang berkiprah di Liga Indonesia. Mantan pemain AS Roma dan Inter Milan itu resmi didatangkan Bhayangkara FC dengan nilai kontrak yang fantastis yaitu sekitar 5 miliar rupiah selama setengah musim. (Bola.com/Bagaskara Lauardi)

Berita Terkait