Liga Italia: Jaksa Rampungkan Investigasi Kasus Doping, Paul Pogba Terancam Skorsing 4 Tahun

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 07 Des 2023, 20:35 WIB
Juventus akan kembali kedatangan mantan pemain andalannya pada periode 2012-2016 yakni Paul Pogba. Pemain Timnas Prancis itu enggan memperpanjang kontrak di MU dan memutuskan akan kembali memperkuat Si Nyonya Tua musim depan. (AFP/Marco Bertorello)

Bola.com, Turin - Gelandang Juventus, Paul Pogba, menghadapi ujian berat. Dia terancam diganjar hukuman skorsing empat tahun akibat gagal tes doping. 

Kantor Kejaksaan anti-doping Italia telah merampungkan prosedur pemeriksaan terkait kegagalan tes doping Paul Pogba pada Agustus 2023. Mereka menuntut skorsing empat tahun untuk gelandang Juventus tersebut.

Advertisement

Pemain Prancis itu gagal dalam tes doping rutin menyusul kemenangan 3-0 Juventus atas Udinese di Serie A pada akhir Agustus 2023. Pada tes awal dan analisis balik berikutnya, Pogba memiliki jejak DHEA di sistem tubuhnya, zat yang dilarang di Serie A.

Hukuman maksimal empat tahun akan menjadi sanksi apabila tidak ada negosiasi pembelaan dari pihak Pogba.

Paul Pogba diperkirakan oleh banyak media akan diadili di depan pengadilan anti-doping nasional. Dia untuk sementara diskors sejak hasil tes doping awal keluar.

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kans Kontraknya Diputus

Pemain Juventus, Paul Pogba berlari memasuki lapangan pada laga lanjutan Liga Italia 2022/2023 melawan Torino yang berlangsung di Allianz Stadium, 28 Februari 2023. Pogba menggantikan Enzo Barrenechea pada menit ke-69. (AFP/Marco Bertorello)

Pemain berusia 30 tahun ini hanya bermain 52 menit kompetitif dalam dua penampilan di Serie A untuk Bianconeri musim ini. Meski berada di bangku cadangan, Pogba tidak terlibat dalam pertandingan melawan Udinese setelah itu dinyatakan positif DHEA.

Kontraknya, yang memberinya gaji bersih tahunan sebesar 8 juta euro sebelum skorsingnya, berlaku hingga musim panas 2026. Namun, menurut Tuttomercatoweb, Pogba telah menerima gaji sebesar 42.000 pounds per tahun selama masa skorsing.

Jika Pogba diskors selama empat tahun, TMW dan beberapa media lain melaporkan Juve mungkin berupaya mengakhiri kontraknya secara sepihak.

 

3 dari 4 halaman

Doakan yang Terbaik

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri melambaikan tangan sebelum pertandingan Liga Italia 2022/2023 antara Juventus melawan Sassuolo di stadion Juventus, Turin pada 15 Agustus 2022. Allegri tercatat menjadi salah satu pelatih paling boros di bursa transfer, yaitu 1,08 miliar Euro. Pada periode pertamanya di Juventus, Allegri mendapat kucuran dana besar. Dia bisa merekrut Cristiano Ronaldo seharga 117 juta euro dan Gonzalo Higuain senilai 90 juta euro. Allegri juga mengeluarkan banyak uang saat bekerja di AC Milan. Pembelian termahalnya di San Siro adalah Zlatan Ibrahimovic pada 2011 seharga 24 juta euro. (AFP/Marco Bertorello)

Sementara itu, pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, pernah mengomentari situasi terkini Paul Pogba. Ia mengaku tidak bisa berbuat apa pun selain mendoakan yang terbaik untuk sang gelandang.

Allegri mengaku prihatin dengan apa yang menimpa Pogba itu. Ia menyebut punya hubungan yang baik dengan Pogba sehingga sulit baginya untuk melihat anak asuhnya tersandung kasus seperti ini.

"Secara personal, saya sangat dekat dengannya. Saya telah mengenalnya sejak ia masih bocah," ujar Allegri.

Allegri tidak bisa berbuat apa-apa terkait Pogba. Ia hanya mendoakan anak asuhnya itu tetap kuat dan tabah menjalani proses yang sedang ia jalani itu.

"Sangat disayangkan kami harus kehilangan seorang pemain yang begitu spesial sepertinya. Dia tengah mengalami situasi yang sulit dan kami hanya bisa mendoakan yang terbaik untuknya," kata Allegri. 

Sumber: Football Italia

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait