Best XI Bintang yang Pernah Diasuh Jose Mourinho: Maaf, Tak Ada Pemain MU

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 24 Mar 2024, 09:45 WIB
2. Jose Mourinho (Chelsea) - Pada musim 2014-2015 The Special One berhasil membawa Chelsea menjuarai Liga Inggris. Namun, karena permasalahan internal klub, Mourinho akhirnya dipecat pada 17 Desember 2015. (AFP/Glyn Kirk)

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho mengungkap best XI pemain-pemain terbaik yang pernah bekerja sama sepanjang kariernya. Beberapa nama bintang ternama gagal masuk daftar tersebut.  

Mourinho merasakan bekerja sama dengan sejumlah bintang terkenal termasuk Cristiano Ronaldo saat menangani Real Madrid. Pelatih asal Portugal, yang saat ini mengarsiteki AS Roma, juga pernah bertualang di Chelsea, Inter Milan, Porto, Manchester United, dan Tottenham Hotspur.

Advertisement

Hasilnya, pelatih berusia 60 tahun tersebut memiliki banyak bakat untuk dipilih ketika menyusun kombinasi pemain terbaik yang pernah bekerja bersamanya.

Namun, Chelsea yang mendominasi tim pilihan Jose Mourinho, dengan delapan anggota starting 11 terdiri dari mantan pemain Blues. Yang mencolok, tak ada pemain MU dalam best XI pilihan Mourinho. 

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Penjaga Gawang

Petr Cech - Penjaga gawang legendaris Chelsea ini bertengger di posisi teratas sebagai raja clean sheets di Liga Inggris. Petr Cech mencatatkan penampilan luar biasa di bawah mistar gawang dengan 202 clean sheets. (AFP/Ian Kington)

Mourinho memenangi tiga gelar Premier League selama dua periode jabatan di klub London Barat tersebut. Kesuksesan jelas berdampak pada best XI pilihannya.

Berbicara di Obi One Podcast, Mourinho mengungkapkan akan memilih Petr Cech sebagai penjaga gawang, meskipun bekerja dengan kiper legendaris Real Madrid Iker Casillas selama berada di Spanyol.

 

3 dari 5 halaman

Lini Belakang

Javier Zanetti. Bek Argentina yang pensiun di Inter Milan Juli 2014 ini total tampil dalam 615 laga di Serie A Liga Italia sejak 1995 hanya bersama Inter. Total 19 musim, ia mencetak 12 gol dan 19 assist. Mulai 2014 hingga kini masih menjabat sebagai wakil presiden Inter Milan. (AFP/Olivier Morin)

Menggunakan formasi 4-3-3, Mourinho memilih tiga mantan pemain Chelsea di lini belakang. William Gallas, John Terry, dan Ricardo Carvalho masuk dalam daftar.

Javier Zanetti melengkapi empat bek, setelah bekerja dengan pemain Argentina itu selama di Inter Milan. Mungkin pemain yang paling menarik adalah Sergio Ramos, yang telah memenangi beberapa penghargaan baik bersama klub maupun negaranya.

Absennya Sergio Ramos menjadi cukup mengejutkan mengingat prestasi luar biasa pemain Spanyol itu baik untuk klub maupun negaranya

 

4 dari 5 halaman

Lini Tengah

Selebrasi gelandang Chelsea, Frank Lampard setelah berakhirnya laga menghadapi Southampton pada putaran ketiga Piala FA 2012/2013 di St Mary's Stadium, Southampton (5/1/2013). Frank Lampard yang didatangkan Chelsea dari West Ham pada awal musim 2001/2002 dengan nilai transfer 16 juta euro, akhirnya dilepas gratis ke New York City di MLS pada awal musim 2014/2015. Selama 13 musim membela The Blues ia total bermain dalam 648 laga di semua ajang dengan torehan 211 gol dan 145 assist. (AFP/Olly Greenwood)

Di lini tengah, Mourinho punya banyak pilihan bagus untuk dipilih, setelah melatih sejumlah bintang termasuk Xabi Alonso, Deco dan Wesley Sneijder.

Namun, ia memilih Claude Makelele di lini tengah bertahan, dengan mantan pemain internasional Inggris Frank Lampard bergabung dengannya.

Menjauh dari Chelsea, Mesut Ozil mendapatkan tempat di tim, meski dikabarkan tak rukun dengan Mourinho di Bernabeu. 

 

5 dari 5 halaman

Lini Depan

Pelatih Real Madrid Jose Mourinho (kanan) berbicara dengan penyerang Cristiano Ronaldo selama bertandign melawan Sevilla pada La Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu pada 19 Desember 2010. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Tidak mengherankan jika Cristiiano Ronaldo dipilih di sayap kanan karena pernah bekerja sama di Real Madrid. Adapun Eden Hazard di kiri.

Adapun peran penyerang tengah diberikan kepada Didier Drogba yang mengungguli Zlatan Ibrahimovic dalam daftar ini. 

Sumber: Sportkeeda 

 

Berita Terkait