Foto: 25 Tahun Mengabdi Sebagai Pesepak Bola Profesional, Ini Dia Perjalanan Karier Shunsuke Nakamura

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 16 Des 2023, 20:02 WIB
Foto kolase dari Legenda sepak bola Jepang Shunsuke Nakamura saat bersama Timnas Jepang (kiri) dan saat bersama klub yang membesarkan namanya, yaitu Glasgow Celtic. (AFP/Kazuhiro Nogi, Graham Stuart)
Nakamura menyihir para pencinta sepak bola Asia lewat aksi-aksinya bersama timnas Jepang maupun saat bermain di Eropa. Tendangan bebas kaki kiri yang mematikan jadi ciri khasnya, dibalut dengan jersi nomor punggung 10 yang jadi kebanggaannya. (AFP/Kazuhiro Nogi)
Sebanyak 98 kali ia membela timnas Jepang dengan torehan 24 gol dan dua gelar Piala Asia (2000, 2004). (AFP/Robyn Beck)
Sukses bersama Yokohama dan Timnas Jepang, Shunsuke Nakamura akhirnya hijrah ke klub Italia, Reggina pada 3 Juli 2002. (AFP/Gabriel Bouys)
Tiga musim bersama Reggina, Shunsuke Nakamura akhirnya pindah ke Glasgow Celtic pada 1 Juli 2005. (AFP/Andrew Yates)
Yokohama FC sebagai klub terakhir Nakamura bekerja sama dengan J.League membuat sebuah laga perpisahan untuk sang legenda bertajuk SHUNSUKE NAKAMURA FAREWELL MATCH. Laga ini akan digelar pada Minggu 17 Desember 2023 pukul 12.00 WIB di NHK Spring Mitsuzawa Football Stadium. (AFP/Toshifumi Kitamura)
Pada 1 Juli 2009, Espanyol mengumumkan kedatangan Shunsuke Nakamura dari Glasgow Celtic dengan bebas transfer. Namun keberadaan Nakamura di klub La Liga tersebut tidak berlangsung lama dan hanya bertahan selama 7 bulan saja. (AFP/Josep Lago)
Legenda sepak bola Jepang Shunsuke Nakamura (kanan) dan Hidetoshi Nakata akan mengisi laga penghormatan yang bertajuk Shunsuke Nakamura Farewell Match. Nakamura memutuskan pensiun akhir musim lalu setelah 25 tahun berkarier sebagai pesepak bola. (AFP/Martin Bureau)

Berita Terkait