Detik-Detik Dramatis Kekalahan Menyesakkan Malaysia dari Bahrain di Piala Asia 2023: Tragedi Injury Time

oleh Aryo Atmaja diperbarui 21 Jan 2024, 10:30 WIB
Gelandang Timnas Bahrain, Komail Al Aswad (kedua kanan) berusaha mencetak gol ke gawang Malaysia pada laga kedua Grup E Piala Asia 2023 di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Qatar, Sabtu (20/1/2024) sore waktu setempat. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Bola.com, Doha - Timnas Malaysia dipastikan tersingkir dari Piala Asia 2023 setelah menelan kekalahan keduanya di fase grup. Mereka kalah 0-1 dari Bahrain di Stadion Jassim bin Hamad Sabtu (20/1/2024) malam WIB.

Gol tunggul Bahrain ditentukan oleh Ali Madan pada masa injury time babak kedua. Hasil ini membuat Yordania untuk sementara di urutan pertama dengan nilai 4. Disusul Korsel juga dengan nilai sama, hanya kalah selisih gol.

Advertisement

Bahrain menempari urutan ketiga dengan nilai 3. Sementara Timnas Malaysia duduk di posisi juru kunci dengan nilai 0.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kecolongan di Menit Akhir

Pemain Bahrain Ali Madan (kanan) merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol ke gawang Malaysia pada pertandingan sepak bola Grup E Piala Asia di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Sabtu (20/1/2024). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Kekalahan itu terasa sangat menyakitkan bagi Timnas Malaysia. Sebab, gol Timnas Bahrain teripta pada menit kelima injury time babak kedua.

Berawal dari situsi tendangan sudut, Ali Madan mendapatkan bola di tepi kotak penalti Malaysia. Setelah sekali melakukan kontrol, Madan melepaskan sepakan terukur yang tak bisa dijangkau Syihan Hazmi.

3 dari 4 halaman

Rapor Jeblok

Timnas Malaysia menyusul Vietnam harus tersingkir pada fase grup Piala Asia 2023 setelah menderita kekalahan kedua. Setelah kalah 0-4 dari Yordania pada laga pertama Grup E, Malaysia kembali takluk kali ini dari Bahrain pada laga kedua dengan skor tipis 0-1 di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Qatar, Sabtu (20/1/2024) sore waktu setempat. Kekalahan ini terbilang menyakitkan bagi Tim Harimau Malaya karena gol kemenangan Bahrain yang dicetak Ali Madan tercipta tepat pada menit akhir masa injury time babak kedua yang berdurasi lima menit. Menyisakan laga pamungkas kontra Korea Selatan, praktis peluang Malaysia telah tertutup untuk lolos ke 16 besar dan dipastikan akan menjadi juru kunci Grup E. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Penampilan Timnas Malaysia di Piala Asia 2023 memang sangat buruk. Setelah menjalani dua laga, tim asuhan Kim Pan-gon selalu mengalami kekalahan.

Pada laga pertama Grup E, Timnas Malaysia keok 0-4 dari Timnas Yordania. Kemudian pada Sabtu (20/1/2024) malam, Faisal Halim dan kawan-kawan kembali kalah dengan skor 0-1 dari Bahrain.

Sialnya, Timnas Malaysia belum bisa mencetak dua gol dari dua laga di Grup E Piala Asia 2023 yang sudah mereka jalani sejauh ini.

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup E Piala Asia 2023

Piala Asia - Grup E Piala Asia 2023: Korsel, Malaysia, Yordania, Bahrain (Bola.com/Adreanus Titus)

Grup E

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Yordania  2  1  1  0  6-2  4
2  Korea Selatan  2  1  1  0  5-3  4
3  Bahrain  2  2  0  1  2-3  3
4  Malaysia   2  0   0  2  0-5  0

Berita Terkait